7+ Unsur intrinsik Cerpen dan Ekstrinsik yang dilengkapi Pengertian dan Contoh

Materi.id- Unsur Intrinsik cerpen dan Ekstrinsik Cerpen|  Halo kali ini kita akan membahas tentang unsur baik unsur intrinsik dalam sebuah cerpen ataupun unsur ekstrinsiknya. Namun tenang saja, selain membahas kedua unsur ini, kita juga akan membahas tentang pengertian cerpen itu sendiri, unsur-unsurnya dan contoh cerpen. Oke, sebelum kita membahas unsur intrinsik cerpen dan ekstrinsiknya, sudah kah kalian mengetahui apa itu cerpen?

Pengertian Cerpen (Cerita Pendek)

Cerita pendek atau yang sering di singkat cerpen ini adalah suatu karya sastra yaitu suatu bentuk prosa naratif fiktif. Masih ingatkah kalian bahwa karya sastra umumnya dibagi menjadi dua yaitu prosa dan puisi. Untuk mengingatnya berikut ini bisa kalian baca salah satu contoh puisi adalah pantun.

Berdasarkan namanya saja yaitu cerita pendek, kita sudah mengetahui bahwa cerita yang di tulis cenderung padat berisi dan langsung pada inti atau tujuan cerita tersebut di tulis. Berbeda dengan cerita fiksi lainnya yang berisikan cerita lebih panjang seperti novel dan lainnya.

Perlu sahabat ketahui bahwa panjang cerita pada cerpen ceritanya kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata atau kurang dari 10 (sepuluh) halaman.Dimana isi dari  Cerpen itu sendiri biasanya hanya memberikan kesan tunggal  dan memusatkan diri pada satu tokoh dan satu situasi saja.

Struktur Cerpen

Struktur cerpen atau kerangka cerpen harus kalian pelajari sebelum kalian membuatnya. Pengetahuan anda terhadap struktur cerpen akan memudahkan anda dalam membuat suatu karangan cerita pendek. Perlu sahabat ketahui bahwa struktur cerpen itu sendiri  terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.

Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari sebuah cerita pendek tersebut. Abstrak adalah inti cerita atau garis besar cerita yang hendak anda kembangkan. Ada dua fungsi dari abstrak ini, bagi penulis tentunya akan membudahkan mengembangkan ceritanya dan bagi pembaca akan mengetahui secara cepat bagaimana inti dari cerita tersebut.

Orientasi

Orientasi merupakan yang berhubungan dengan suasana, tempat dan waktu yang ada dalam cerita tersebut. Dalam sebuah cerita pendek, kita tidak terpaku pada satu tempat dan suasana saja. Pasti cerita tersebut terdiri berbagai situasi yang berbeda menyesuaikan dengan tokoh dan kejadian yang berbeda-beda

Komplikasi

Komplikasi adalah serangkaian persitiwa atau kejadian yang merupakan sebab akibat kejadian sebuah cerita.

Evaluasi

Evaluasi yaitu struktur dari konflik-konflik yang terjadi dalam cerita yang mengarah pada titik klimaks atau puncak permasalahan dan mulai mendapatkan gambaran penyelesaian dari konflik tersebut.

Resolusi

Resolusi adalah bagian yang sangat penting. Jika suatu cerita terdapat permasalahan atau evaluasi maka resolusi adalah penyelesaian dari evaluasi tersebut. Bagian inilah yang mungkin paling di tunggu oleh para pembaca karena di sinilah inti dari penyelasian masalah dari cerita yang di sajikan oleh pengarang.

Koda

Setelah mengetahui bagaimana menyelesaikan masalah maka koda adalah nilai-nilai yang dapat di ambil dari sebuah cerita tersebut.

Unsur Intrinsik Cerpen

Selain memiliki strutur di atas, cepren juga memiliki dua unsur yang membangun yaitu unsur instrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat didalam cerpen itu sendiri. Lalu apa saja sih unsur intrinsik itu sendiri? Unsur intrinsik cerpen terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat. Jika kalian belum memahaminya, berikut ini akan saya jelaskan secara sederhana

Apa itu Tema?

Pertanyaan ini mungkin ada dibenak kalian bukan? Menurut wikipedia, tema adalah suatu gagasan utama atau pokok atau yang biasa kita sebut dengan ide pikiran tentang sesuatu hal. Dengan kata lain tema adalah gagasan atau ide  pikiran yang melatarbelakangi sebuah cerita. Jadi secara sederahana kalau kita analogikan cerpen itu sebagai rumah maka tema adalah dasar atau fondasi dari rumah tersebut.

Pemilihan tema ini tergantung dari penulisnya baik berasal dari lingkungan sekitar, permasalahan yang ada di masyarakat pada umumnya atau mungkin pengalaman atau masalah pribadi dari sang penulis.

Tokoh atau Penokohan

Unsur intrinsik yang kedua adalah tokoh atau penokohan. Kita semua sudah mengerti apa itu tokoh. Terkadang kita sudah mengetahui siapa saja yang berperan dalam sebuah cerpen tersebut. Namun perlu anda pahami, tokoh dengan penokohan adalah dua hal yang berbeda.

Tokoh adalah pelaku atau pemeran dalam sebuah cerita sedangkan penokohan adalah watak dari tokoh yang dimainkan atau perankan.

Unsur Intrinsik Cerpen

Dalam cerita terdapat 4 jenis dari tokoh itu sendiri yaitu

  • Protagonis merupakan Tokoh yang menjadi aktor utama atau pemeran utama dalam sebuah cerita serta memiliki sifat yang baik.
  • Antagonis merupakan Tokoh menjadi lawan dari pemeran utama yang protagonis. Tokoh antagonis juga merupakan tokoh utama namun memiliki watak yang negatif seperti: iri, dengki, sombong, angkuh, congkak dan lain-lain.
  • Tritagonis merupakan pemeran yang menjadi penengah antara protagonis dan antagonis. Tokoh ini biasanya memiliki sifat yang arif dan bijaksana.
  • Figuran Merupakan tokoh pendukung yang memberikan tambahan warna dalam cerita.

Alur (Plot)

Unsur intrinsik yang ketiga adalah alur. Alur adalah jalan cerita dari sebuah cerpen yang di tulis oleh penulisnya dari awal hingga akhir. Secara umum penulis dalam menyampaikan cerita, ada tahapan-tahapan alur yang disampaikan yaitu,

  • Tahap perkenalan
  • Tahap penanjakan
  • Tahap klimaks
  • Anti klimaks
  • Tahap penyelesaian

Setting (Latar)

Setting atau yang dikenal dengan latar adalah berkaitan dengan waktu, suasana dan tempat berlangsungnya sebuah cerita. Pemilihan setiing atau latar ini mempengaruhi dari isi dan imajinasi pembaca untuk memahami isi dari cerita tersebut.

Sudut Pandang

Apa itu sudut pandang? Sudut pandang adalah cara pengarang atau penulis dalam menempatkan dirinya terhadap cerita atau dari sudut mana pengarang memandang ceritanya. Berkaitan dengan hal ini ada beberapa sudut pandang diantaranya sudut pandang orang pertama, kedua, ketiga atau kadang penulis memposisikan diri diluar cerita yang terdapat didalam cerpen tersebut.

Gaya Bahasa

Unsur intrinsik gaya bahasa adalah cara pengaarang dalam menguraikan ide cerita dalam bentuk bahasa yang khas. Terkadang satu cerpen dengan cerpen yang lain memiliki gaya bahasa penulisan yang sangat berbeda.

Amanat

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan pengarang atau penulis sebuah cerita tersebut. Amanat adalah sebuah pesan dari penulis yang akan di dapat ketika seseorang membaca hasil karya atau cerita pendeknya. Biasanya kita dapat mendapatkan amanat secara tersirat atau tidak langsung maupun tersirat yang sudah tertulis didalam cerita tersebut.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Lalu bagaimana dengan unsur ektrinsik dari sebuah cerpen? Sangat jarang sekali kita menemukan pembahasan dari unsur-unsur ekstrinsik. Namun yang perlu anda catat adalah unsur ekstrinsik adalah unsur yang berasal dari luar cerpen itu sendiri yang mempengaruhui penulisan cerpen itu. Diantaranya adalah latar belakang masyarakat, latar belakang penulis serta nilai yang akan di angkat didalam cerita tesebut. latar belakang masyarakat serta latar belakang penulis akan mempengaruhui sebuah cerita, baik dari gaya bahasanya, masalah yang di angkat ataupun dari penokohannya.

Demikianlah pembahasan sederhana mengenai 7 unsur intrinsik cerpen dan unsur ektrinsik sebuah cerita pendek. Semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa dibagikan kepada yang lainnya.

Leave a Reply