Bagaimana Rumus Kecepatan Rata-rata

Materi.id- Rumus Kecepatan Rata-Rata| Halo sahabat MateriID, di kelas X baik SMA atau SMK kalian sudah mempelajari tentang kecepatan dan kelajuan. Kedua besaran ini sering tertukar di antara pengetahuan siswa. Kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata adalah dua besaran yang berbeda. Kecepatan adalah besaran vektor dan kelajuan adalah besaran sekalar. Lalu bagaimana rumus kecepatan rata-rata dan menghitung kecepatan rata-rata? Tenang saja, kali ini kita akan membahasnya cara menghitung kecepatan rata-rata yang akan dilengkapi dengan soal dan pembahasan (jawaban).

Pengertian Kecepatan Rata-rata dan Kelajuan Rata-rata

Secara sederhana bisa saya artikan bahwa kelajuan rata-rata  sebuah benda bahwa jarak total yang ditempuh benda tersebut sepanjang lintasannya dibagi waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut. Misalnya jika sebuah mobil menempuh jarak 240 KM dalam waktu 3 jam maka kelajuan rata-ratanya adalah 80 Km/Jam.

Lalu bagaimana dengan rumus kecepatan rata-rata?

Rumus Kecepatan Rata-rata

Sudah saya sampaikan di atas, secara umum dua besaran ini mirip namun yang membedakan adalah kecepatan adalah besaran vektor, sehingga benda memiliki arah dan satuan. Ada perbedaan kedua antara laju dan
kecepatan, yaitu kecepatan rata-rata didefinisikan dalam hubungannya dengan perpindahan, dan bukan dalam jarak
total yang ditempuh. Bagaimana dengan rumusnya? perhatikan dibawah ini:

Rumus Kecepatan Rata-rata

Berdasarkan persamaan atau rumus di atas bahwa kecepatan rata-rata adalah perpindahan yang di tempuh oleh suatu benda per satuan waktu. Jika kita membicarakan perpindahan maka kita harus melihat kedudukan akhir dan awal karena perpindahan adalah perubahan posisi kedudukan.

Satuan Kecepatan dan Kelajuan

Jika kita melihat persamaan atau rumus kecepatan dan kelajuan secara umum besaran ini memiliki satuan SI yang sama. Satuan dari kecepatan rata-rata dan kelajuan adalah meter/sekon (m/s). Untuk memahami bagaimana cara menghitung kecepatan rata-rata, maka perhatikan contoh soal dan pembahasannya berikut ini:

Contoh Soal dan Pembahasan kecepatan Rata-rata dan Kelajuan Rata-rata

Contoh soal 1, berikut ini adalah soal yang akan memberikan perbedaan tentang bagaimana kecepatan rata-rata dan kelajuan itu.

Rena berjalan ke Timur sejauh 80 m, kemudian berbalik arah ke Barat menempuh jarak 50 m. Perjalanan tersebut memerlukan waktu 50 s. Berapakah kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata Rena dalam perjalanannya?

Jawab. Yang di tanyakan adalah berapakah kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-ratanya? Yang perlu anda lakukan adalah silahkan mencari berapakah jarak yang di tempuh dan berapakah besar perpindahannya. Perhatikan penjelasan saya dibawah ini:

Contoh soal dan Pembahasan Menghitung kecepatan rata-rata dan Kelajuan Rata-rata

Bagaimana mudah bukan? Jarak adalah panjang lintasan yang di tepuh, sedangkan dengan perpindahan adalah perubahan kedudukan dari awal ke akhir.

Contoh soal 2, menghitung kecepatan rata-rata dalam bentuk grafik.

Tentukanlah kecepatan rata-rata benda jika diberikan data dalam grafik berikut ini.

Soal dan pembahasan kecepatan rata-rata dalam bentuk grafik

Soal dan pembahasan kecepatan rata-rata

Add Comment