Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan dan Pembahasannya

Materi.id| Salah satu materi fisika dikelas X semester 1. Baik SMK ataupun SMA yang menggunakan Kurikulum 2013 Revisi, akan mempelajari tentang gerak lurus beraturan. Sebelum membahas contoh soal gerak lurus beraturan, sudahkan anda pahami tentang apa itu gerak lurus beraturan? Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang apa itu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan boleh anda baca sekali lagi supaya anda lebih memahaminya.

Apa itu Gerak Lurus Beraturan?

Jika kita mendengar dari istilahnya saja, kita sudah bisa mengetahui apa itu gerak lurus beraturan. Gerak memiliki pengertian bahwa terdapat perubahan kedudukan dari posisi awal dan akhir yang memiliki lintasan lurus serta kecepatan yang beraturan (tetap/konstan). Gerak lurus, gerak melingkar yang menjadi perbedaannya adalah bentuk lintasannya. Secara umum untuk persamaanya hampir sama.

Rumus Gerak Lurus Beraturan

Sebenarnya persamaan gerak lurus beraturan ini sudah kita pelajari sejak SD, namun kita sering tidak menyadarinya. Di dalam Gerak lurus beraturan, ada beberapa besaran yang akan kita pelajari. Diantaranya adalah perpindahan, kecepatan serta waktu. Secara sederhana di rumuskan sebagai berikut:

S = V. t
Keterangan
S = Perpindahan (m)
V = Kecepatan (m/s)
t = Waktu (s)
Dari persamaan di atas bisa anda turunkan untuk mencari kecepatan serta rumus untuk mencari waktu. Mudah bukan?

Ciri-ciri Gerak Lurus Beraturan

Untuk memudahkan anda memahami dan membedakan perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan, serta kapan kita menggunakan persamaan diatas maka ada beberapa hal yang harus anda pahami. Anda harus memahami beberapa ciri-ciri dari gerak lurus beraturan.
– Tentunya bentuk lintasannya bergaris lurus
– Memiliki kecepatan tetap/konstant
– Karena kecepatan konstan maka nilai percepatannya adalah 0 (a = 0)
– Kecepatan benda berbanding lurus dengan perpindahan dan berbanding terbalik dengan waktu
Selain beberapa ciri di atas, anda juga bisa mengetahui apakah persamaan gerak lurus beraturan berlaku atau tidak melalu grafik. Anda bisa perhatikan grafik hubungan perpindahan dengan waktu atau kecepatan terhadap waktu perhatikan di bawah ini:

Grafik Gerak Lurus Beraturan

Kecepatan Terhadap Waktu

Grafik kecepatan dengan waktu pada gerak lurus beraturan

Grafik Perpindahan atau posisi terhadap Waktu

grafik posisi dengan waktu pada gerak lurus beraturan

Jika anda sudah memahami penjelasan singkat di atas terkait gerak lurus beraturan, maka kita akan lanjutkan penerapan persamaan di atas dalam contoh soal gerak lurus beraturan dan pembahasannya.

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan dan Pembahasannya

    1. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 30 m/s dalam waktu 10 detik. berapakah perpindahan mobil tersebut?
      Penyelesaian:
      Diketahui:
      v = 30 m/s
      t = 10 s
      Ditanya S ?
      Jawab :
      S = V . t
      S = 30. 10 =300 meter
    2. Orang tua Andi memberikan sepada motor kepadanya. Dia segera mencoba sepada motor tersebut di jalan yang lurus dan panjang. Jika kecepatan sepada motor Andi adalah 36 km/jam secara konstan dalam waktu 30 detik, berapakah perpindahan yang dialami oleh Andi?
      Penyelesaian;
      Perhatikan kata kunci kecepatannya konstan maka kita menggunakan persamaan Gerak lurus beraturan
      Diketahui:
      v = 36 km/jam = 10 m/s (dikonversi ke satuan SI, Km dirubah ke m, 1 jam dirubah menjadi 3600 s)
      t = 30 s
      Ditanya S?
      Jawab
      S = V. t
      S = 10.30 = 300 m
    3. Andi dan Danu adalah dua sahabat yang sangat akrab sejak di SMA. Mereka kemudian melanjutkan kuliah di kampus yang sama ternama di Lampung yang memiliki jarak yang jauh dari kampung mereka. Pada hari lebaran mereka berencana pulang kampung. Jika kampung Andi dapat ditempuh dengan Bus selama 2 jam dengan yang memiliki kecepatan tetap 80 km/jam. Berapa jam yang diperlukan untuk sampai di kampung Danu jika jaraknya ditambah 320 km lagi .
      Penyelesaian:
      Jarak Kampung Andi = v . t
      Jarak Kampung Andi = 80 . 2
      Jarak Kampung Andi= 160 kmJarak Kampung Danu = Jarak Kampung Budi + 320
      Jarak Kampung Danu = 160 + 320
      Jarak Kampung Danu = 480 kmMaka waktu tempuh untuk sampai di kampung Badu adalah :
      t =s/vt = 480/80
      = 4 jam
    4. Andi berada di Sebelah utara GBK dengan posisi 150 meter. Kemudian dia bergerak dengan sepedanya dengan kecepatan konstan 12 m/s selama 1 menit. Tentukan posisi akhir Andi selama selang waktu tersebut:tan konstan berarti contoh soal gerak lurus beraturan ini juga berlaku persamaan GLB
      Diketahui
      Xo = 150 m
      V   = 12 m/2
      t    = 1 Menit = 60 s
      Ditanya Xt
      Jawab
      Maka berlaku
      Xt = X0 + V.t
      = 150 + 12. 60 (selesaikan oprasi perkalian)
      = 150 + 720
      = 870 meter
    5. Perhatikan Gambar grafik berikut ini:grafik posisi dengan waktu pada gerak lurus beraturanApa yang dimaksud dengan grafi di atas?
      Penyelesaian:
      Grafik di atas memiliki pengertian, kedudukan atau posisi atau perpindahan suatu benda berbanding lurus dengan waktu yang di tempuh. Artinya semakin besar waktu perpindahannya semakin besar juga

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Gerak Lurus beraturan dan Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan serta pembahasannya. Bagikan kepada yang lainnya ya.

Leave a Reply