Eksperimen Terbakarnya Kopi Sachet Berbahayakah?

Materi.ID| Hai sahabat MateriID, kali ini kita akan membahas yang suatu video yang sedang viral di tengah-tengah masyarakat khususnya di facebook akhir-akhir ini. Ada beberapa video yang saya jumpai tentang eksperimen terbakarnya kopi luwak white coffe yang didekatkan ke api. Banyak yang beranggapan bahwa kopi ini berbahaya loh karena bisa terbakar seperti itu, padahal kopi tersebut salah satu kopi favorit keluarga kami loh. Coba perhatikan video berikut ini, silahkan klik : Eksperimen Kopi Terbakar  Jangan lupa Like dan Subscribe ya!

Sumber Video : https://web.facebook.com/yan.anthono/videos/1867286363357725/

Banyak masyarakat yang melihat video ini langsung beranggapan bahwa kopi tersebut sangat berbahaya. Ada beberapa komen yang saya temukan, menjadi takut untuk meminumnya, lalu bagaimana dengan anda? Saya menuliskan uraian ini bukan untuk membahas hal itu, tapi saya akan coba membahasnya berdasarkan bidang sains yang saya ketahui.

Tentunya ketika suatu bahan di dekatkan dengan api dan terbakar ini adalah merupakan contoh dari reaksi kimia termasuk kedalam salah satu reaksi redoks. Saya mencari istilah yang populer di dunia kimia dan menemukan istilah dust explosion. Dust Explosion menurut wikipedia adalah pembakar yang terjadi pada partikel halus yang terjadi di udara. Bahan apa saja yang bisa terbakar? Bahan organik dalam bentuk bubuk atau partikel kecil adalah bahan yang mudah terbakar. Contohnya kopi, gula, tepung, krimer dalam bentuk bubuk atau partikel kecil sangat mudah terbakar.

Material Kopi Luwak Terbakar

Mengapa hal ini terjadi, karena permukaan dari bahan penyusunnya itu bereaksi dengan oksigen dan ada sumber apinya. Kalo kita melihat dari beberapa eksperimen yang telah viral di masyarakat, kopi A terbakar sedangkan uji coba kopi B kok tidak ya? Secara sederhana, menurut saya salah satu penyebabnya adalah perbedaan luas permukaan bahan. Kalo kita melihat kopi yang terbakar adalah bentuknya lebih halus sehingga luas permukaan bidang sentuh benda tersebut semakin besar.

Secara kimia untuk mempercepat reaksi kimia salah satunya adalah memperbesar luas permukaan bidang sentuh. Coba anda bayangkan, cepat terbakar mana potongan-potongan kertas yang kecil-kecil dengan lembaran kertas yang lebar. Pasti semua akan sepakat yang kecil bukan? Jawaban inilah juga terjadi pada kopi tersebut.

Kemungkinan kedua yaitu penyusun dari kopi tersebut berbeda jauh. Berikut ini beberapa bahan yang bisa atau mudah terbakar jika beraksi dengan oksigen dan ada sumber apinya.

Jika kita melihat komposisi di belakang kemasan kopi pada video maka kita akan menemukan seperti ini Krimer (glucose syrup), vegetable oil, sodium caseinate (mengandung protein susu), emulsifier E471, Stabilizer E340, anti caking agent (E554), Colour E160a, gula, kopi rendah asam.

Kita melihat salah satu penyusun kopi tersebut adalah sodium caseinate atau secara kimia memiliki rumus (C47H48N3O7S2Na). Jika kita melihat rumus molekulnya memiliki penyusun sulfur. Sulfur adalah salah satu bahan yang mudah terbakar. Gula, kopi, krimer dalam bentuk bubuk kecil juga akan lebih mudah terbakar. Benda-benda ini mudah terbakar karena merupakan organic materials.

Berbahayakah?

Jika kita melihat sebagai proses reaksi kimia, sangat berbahaya jika anda lakukan eksperimen ini tanpa perlengkapan yang aman. Kulit anda dapat terbakar. Bagaimana untuk kesehatan tubuh? Jika pertanyaan seperti ini maka yang berhak menjawabnya adalah ahli pada bidangnya. Biarlah ahli pada bidang gizi, dan kesehatan manusia yang membahas hal ini. Namun jika kita patokannya terbakar atau tidak, tahukah anda susu bubuk formula yang di minum anak anda, sebagian besar juga bisa terbakar loh.  Lalu bagaimana dong?Saran saya minumlah secukupnya ya, jangan berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik.

Tentunya saja yang aman bagi kesehatan adalah air putih dan dalam kadar yang tidak berlebihan. Mohon maaf ya jika ulasan saya tidak lengkap ya. Jika anda mengetahui informasi yang dapat digunakan untuk melengkapi artikel ini, mohon hubungi saya ya supaya informasi yang ada semakin lengkap.

Refrensi;

https://en.wikipedia.org/wiki/Dust_explosion

Artikel Publikasi Ilmiah tentang dust explosion https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=dust+explosion+mechanism&btnG=

 

Leave a Reply