Fungsi Necara Ohaus dan Cara Membaca Neraca Ohaus

Materi.id| Halo apa kabarnya semua? Semoga anda dalam keadaan sehat ya. Amin. Kali ini kita akan membahas bagaimana fungsi neraca ohaus dan bagaimana cara membaca neraca ohaous itu sendiri? Sebelum membahas terkait fungsinya apakah kalian sudah memahami apa itu pengukuran dan besaran? Jika anda belum memahaminya, saran saya anda harus membaca artikel sebelumnya yang membahas tentang apa itu besaran dan satuan di bawah ini ya dan bagaimana dengan aturan angka penting.

Baca “ Besaran dan Satuan “

Baca ” Aturan angka Penting

Fungsi Neraca Ohaus

Bagaimana, apakah anda sudah membaca tentang besaran dan satuan? Jika anda sudah membaca dan memahaminya maka mempelajari fungsi neraca ohaus tidak lah sulit. Hal ini dikarenakan necara ohaus adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap massa suatu benda. Sama halnya dengan jangka sorong yang digunakan untuk mengukur besaran panjang. Biasanya neraca ohaus ini berfungsi untuk mengukur massa yang relatif kecil di laboratorium dengan ketelitian neraca ohaus adalah 0,1 gram. Batas maksimal massa yang dapat diukur menggunakan neraca ohaus adalah 311 gram.

Fungsi Neraca Ohaus

Fungsi Neraca Ohaus

Sebelum membahas bagaiamana cara penggunaan neraca ohaous, kita akan membahas bagian-bagian dari neraca ohaus itu sendiri.

Bagian-Bagian Neraca Ohaus

Untuk mengetahu bagian-bagian dari neraca ini coba anda perhatikan gambar di bawah ini:

Bagian-bagian Neraca Ohaus

Bagian-bagian Neraca Ohaus

Berikut ini penjelasan dari neraca ohaus tiga lengan diatas:

  • Bagian Pertama di samping kiri ada tempat wadah beban. Tempat ini digunakan untuk meletakkan beban yang hendak anda ukur massanya.
  • Dibagian bawah wadah ada skrup yang digunakan mengkalibrasi atau membuat nol alat ini sebelum digunakan.
  • Dibagian tengah terdepat lengan yang terdiri dari anting-anting yang menyatakan massa sesuai dengan ketelitiannya dapat di geser-geser sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa neraca ohaus yang terdiri dari 3 lengan dan ada juga yang terdiri dari 4 lengan. Namun biasanya neraca ohaus yang banyak digunakan di sekolah ataupun di laboratorium adalah neraca ohaus 3 lengan

Bagaimana Cara Membaca Neraca Ohaus ?

Setelah mengetahui bagian-bagiannya, langkah awal yang perlu anda lakukan sebelum menggunakan neraca ini adalah kalibrasi alat tersebut. Kalibrasi adalah membuat nol alat sehingga alat mengukur dengan presisi dan tidak terdapat kesalahan. Kalibrasi alat ini dapat dilakukan dengan cara memutar skrup dibagian bawah wadah benda. Putarlah skrup tersebut sehingga lengan beban yang ada menunjukkan angka nol. Jika sudah, maka anda siap melakukan pengukuran terhadap massa benda tersebut. Ingat neraca ini hanya dapat digunakan untuk mengukur massa maksimal 311 gram.

Setelah memastikan neraca ohaus sudah kalibrasi, maka letakkan benda yang hendak anda ukur massanya. Mulailah dengan lengan dengan skala yang kecil, geser anting-anting pemberatnya. Jika ternyata skala anting-anting sudah maksimal di bagian kanan, maka ganti dengan anting-anting pada lengan kedua dan seterusnya. Yang anda harus lakukan adalah membuat kedua lengan sama atau seimbang. Antara lengan bagian kiri dan kanan, jika sudah seimbang maka jumlahkan skala pada ketiga lengan tersebut.

Contoh

skala depan   0,5 gram

Skala tengah  30 gram

skala belakang 100 gram

maka massa benda yang anda ukur adalah 100 + 30 + 0,5 yaitu 130,5 gram

Bagaimana mudah bukan cara membaca neraca ohaus dan fungsi neraca ohaus ini? Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share di facebook atau yang lainnya. Bagikan kepada sahabat dan saudara anda ya.

Leave a Reply