Gerak Lurus: Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan

Materi.ID- Gerak lurus: GLB dan GLBB| Halo sahabat MateriID kita akan membahas tentang gerak lurus. Namun sebelumnya, apakah kamu sudah mengetahui apa itu gerak? Secara umum pengertian dari gerak adalah merupakan perubahan posisi (kedudukan) suatu benda terhadap sebuah acuan tertentu. Acuan merupakan titik yang menjadi patokan kita. Lalu apa sih gerak lurus? Gerak lurus bisa kita artikan sebagai perubahan posisi atau kedudukan suatu benda yang lintasan yang ditempuh berupa garis lurus. Lalu bagaimana dengan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan?

Terdapat beberapa besaran yang akan kita pelajari pada gerak lurus ini diataranya adalah perpindahan, kecepatan, serta percepatan yang merupakan besaran vektor dan jarak, kelajuan merupakan besaran sekalar

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Jika di atas kita mengartikan gerak lurus adalah gerak yang lintasan berupa bidang lurus maka gerak lurus beraturan adalah gerak benda yang melintasi bidang lurus dengan kecepatan yang tetap di tiap waktunya. Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan grafik berikut ini:

Grafik Gerak Lurus Beraturan

Jika kita melihat dari grafik tersebut, hubungan antara perpindahan (x), waktu (t) dan Kecepatan (v) adalah sebagai berikut :

x = v . t

Contoh Soal dan Pembahasan Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Untuk lebih memahaminya coba anda perhatikan contoh soal dan pembahasan mengenai Gerak lurus Beraturan berikut ini :

No 1

Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Pada jarak 18 km dari arah yang berlawanan, sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 90 km/jam. Kapan dan di manakah kedua mobil tersebut akan berpapasan?

Perhatiakan Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah konversi satuan yang ada kedalam satuan SI

Contoh soal dan Pembahasan Gerak Lurus Beraturan

No 2

Jarak kota Banda Aceh ke kota Medan adalah 420 km. Jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 7 jam. Tentukanlah waktu yang diperlukan mobil tersebut untuk mencapai kota Pekanbaru yang memiliki jarak 900 km dari kota Banda Aceh.

Contoh soal dan pembahasan gerak lurus beraturan (GLB)

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan atau yang dikenal dengan GLBB adalah gerak lurus yang memiliki kecepatan berubah secara beraturan. Benda yang bergerak berubah beraturan dapat berupa bertambah beraturan atau yang dikenal dengan dipercepat dan berkurang beraturan yang dikenal dengan diperlambat.

Untuk lebih memahami gerak lurus berubah beraturan, silahkan anda pahami grafik hubungan kecepatan dengan waktu berikut ini:

Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan

Dari grafik di atas kita bisa melihat terdapat perubahan kecepatan pada grafik tersebut yaitu kecepatan awal yang disimbolkan Vo dan kecepatan akhir Vt. Dengan menggunakan persamaan percepatan maka dapat kita menemukan persamaan kecepatan akhir benda tersebut. Perhatikan persamaan berikut ini:

Persamaan Kecepatan GLBB

Lalu bagaimana menurunkan persamaan perpindahan pada gerak lurus Berubah beraturan ini? Besar perpindahan bisa kita dapatkan dari menurunkannya dari persamaan kecepatan. Perhatikan penurunan persamaan untuk perpindahan berikut ini:

Persamaan perpindahan pada GLBB

Perlu anda ketahui bahwa gerak berubah beraturan terbagi menjadi dua gerakan yaitu gerak vertikal ke atas dan gerak vertikal ke bawah

Gerak Vertikal Kebawah ( Gerak Jatuh Bebas)

Salah satu contoh dari GLBB yang sudah di ketahui oleh semua orang adalah gerak jatuh bebas. Ketika membahas benda-benda yang jatuh bebas kita bisa memakai persamaan di mana untuk a kita gunakan nilai g yang telah diberikan. Selain itu, karena gerak tersebut vertikal, kita akan mengganti x dengan y, dan menempatkan y0 di tempat x0. Kita ambil y0 = 0, kecuali jika ditentukan lain. Tidak masalah apakah kita memilih y positif pada arah ke atas atau arah ke bawah, yang penting kita harus konsisten sepanjang penyelesaian soal. Secara matematis persamaan pada gerak jatuh bebas dirumuskan sebagai berikut:

Rumus Gerak Jatuh Bebas

Gerak Vertikal Ke Atas

Pernahkah kalian melempar bola ke atas? apa yang bisa kalian amati? Kecepatan benda tersebut makin lama akan makin berkurang dan pada titik tertinggi kecepatannya menjadi nol dan kemudian jatuh kembali ke bawah. Persamaan yang digunakan dalam gerak vertikal adalah sama yaitu persamaan pada gerak lurus berubah beraturan. Yang menjadi pembeda yaitu nilai dari percepatan grafitasi adalah bernilai negatif karena berlawanan dengan grafitasi bumi.

Untuk memahaminya berikut ini contoh soal dan pembahasan mengenai gerak lurus berubah beraturan baik gerak vertikal ke atas maupun gerak jatuh bebas

Contoh Soal dan Pembahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Gerak jatuh Bebas dan Gerak Vertikal Ke atas

Soal 1

Sebuah benda dilemparkan dari sebuah gedung yang tingginya 20 m. Benda tersebut tiba di tanah pada selang waktu 5 sekon (g = 10 m/s2). Tentukanlah kecepatan yang diberikan kepada benda tersebut.

Contoh soal dan Pembahasan Gerak Vertikal Ke Atas GLBB

Soal 2

Sebuah mobil mulai bergerak dari keadaan diam dengan percepatan tetap 8 m/s2. Berapakah kecepatan mobil setelah bergerak selama 6 sekon?

Contoh soal dan pembahasan GLBB

Soal 3

Sebuah bola dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal 30 m/s. Jika percepatannya adalah 10 m/s2 ke bawah, berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertingginya, dan berapakah jarak ke titik tertinggi itu?

Contoh soal dan pembahasan GLBB 2

Demikianlah pembahasan singkat mengenai gerak lurus yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang dilengkapi Contoh soal dan pembahasannya. Terdapat juga pembahasan mengenai gerak jatuh bebas dan gerak vertikal keatas.

No Responses

Leave a Reply