Gerak Semu Matahari

Materi.ID| Jika kita membaca judul pembahasan kali ini kita akan membahas gerak semu matahari dan dampak akibatnya bagi bumi. Jika kita mendengar kata gerak berarti suatu benda mengalami perubahan kedudukan atau posisi, namun semu kita bisa artikan tidak nyata. Jadi bisa kita simpulkan bahwa gerak semu adalah Suatu benda seolah-olah bergerak atau mengalami perubahan posisi namun pada kenyataannya adalah tidak.

Secara sederhana kita bisa mengamati gerak semu pada gerak pohon di pinggir jalan ketika kita mengendarai mobil. Pohon tersebut seakan-akan bergerak berlawanan dengan arah kita. Ini adalah salah satu contoh dari gerak semu. Lalu bagaimana dengan gerak semu matahari?

gerak semu matahari

gerak semu matahari

Pengertian Gerak Semu Matahari

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa gerakan ini adalah gerakan seolah-olah matahari melakukan perubahan kedudukan. Gerak semu matahari ini dikarenakan adanya gerak rotasi bumi pada porosnya. Akibat rotasi bumi ini yang menyebabkan matahari akan terbit di arah timur kemudian bergerak dan akan terbenam di arah barat. Ada beberapa jenis dari gerak semu matahari ini.

  • Gerak Semu Harian Matahari
    Gerak semu harian matahari ini diakbatkan oleh gerak rotasi bumi. Rotasi Bumi dari barat ke timur. Akibat gerak semu harian matahari ini kita bisa menikmati pergantian siang dan malam. Terdapat pembagian waktu di muka bumi ini.
  • Gerak Semu Tahunan Matahari
    Gerak semu tahunan matahari di akibatkan oleh gerak revolusi bumi. Selain Bumi berotasi pada porosnya, bumi juga berevolusi terhadap matahari. Banyak sekali akibat dari gerak semu tahunan ini salah satunya terjadinya pergantian musim. Dalam gerak semunya matahari akan bergerak dari katulistiwa ke 23,5º LU terjadi pada bulan 21 maret- 21 Juni dan sebaliknya menuju ke Lintang selatan dari katulistiwa adalah bulan 23 september – 22 Desember 23,5 ºLS. Perhatikan gambar berikut ini:

gerak semu tahunan matahari

Akibat Gerak Semu Matahari

Apa yang terjadi akibat dari gerak Semu matahari ini? Banyak hal yang terjadi akibat dari gerak semu matahari baik semu harian ataupun tahunan. Berikut ini akibat gerak semu matahari

  1. Terjadinya pembagian waktu, siang dan malam
  2. Akibat dari revelusi Bumi yang menyebabkan perubahan kedudukan matahari, maka terjadi perubahan musim dan temperatur. Pada saat matahari berada pada belahan utara Bumi, maka belahan selatan Bumi akan mengalami Musim Dingin. Dan sebaliknya, jika matahari berada pada katulistiwa ke arah selatan maka daerah utara bumi mengalami musim dingin
  3. Perubahan letak posisi dari matahari
  4. Terjadinya perubahan atau perbedaan lamanya siang dan malam

Dari penjelasan singkat di atas maka dapat disimpulkan bahwa gerak semu pada matahari adalah bukan gerak yang sebenarnya. Gerakkan matahari ini di akibatkan rotasi dan revolusi bumi yang memiliki dampak bagi bumi salah satunya adalah terjadinya siang dan malam serta perbedaan lama penyinaran. Demikian pejelasan singkat saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada yang lainnya.

Leave a Reply