Hukum Kirchoff 1 dan 2 : Pengertian, Rumus dan Contoh Soal

Materi.id|Hukum Kirchoff- Halo sahabat MateriID, hukum kirchoff adalah materi fisika kelas X baik SMA dan SMK. Anda pasti sudah pernah mendengar tentang kirchoff, bukan? Hukum kirchoff 1 dan 2 digunakan pada rangkaian listrik tertutup yang mempelajari tentang arus listrik dan tegangan pada sebuah rangkaian. Hukum kirchoff di perkenalkan oleh Gustav Robert Kirchhoff  pada tahun 1845. Hukum ini sangat berguna dalam mempelajari kuat arus dalam sebuah rangkaian, sama halnya dengan hukum ohm. Lalu bagaimana penjelasan dan pengertian dari hukum ini? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Hukum Kirchoff

Hukum I Kirchoff

Sebelum anda melanjutkan, sebaiknya anda baca terlebih dahulu materi berikut:
Arus Listrik
Rangkain Listrik
Hukum Ohm
Dulu mungkin kalian sudah melakukan percobaan untuk mengukur kuat arus listrik dalam rangkaian? Yups kita menggunakan alat ukur yang dinamakan amperemeter. Kuat arus merupakan salah satu besaran pokok yang dapat diukur dan dinyatakan dengan nilai. Ampere meter juga dalam melakukan pengukuran di letakkan di dalam rangkaian listrik. Lalu bagaimana kita mengukur jika terjadi percabangan di dalam rangkaian tertutup tersebut?
Tentunya kita akan memasang ampere meter di setiap percabangannya, coba anda perhatikan gambar berikut ini:
hukum kirchoff

hukum kirchoff

Kegiatan sederhana ini adalah kegiatan untuk membuktikan hukum kirchoff 1. Jika kita melakukan percobaan di atas, maka ampere meter yang di pasang sebelum percabangan akan menunjukan sekala yang sama dengan ampere meter yang diletakkan setelah percabangan. Ini berarti kuat arus yang masuk ke dalam titik percabangan akan sama dengan kuat arus yang keluar dari titik percabangan. Pernyataan ini dikenal dengan hukum 1 kirchoff yang secara matematis di tulisakan sebagai berikut:

Hukum kirchoff 1

Hukum kirchoff 1

Untuk memudahkan anda dalam memahami hukum ini, perhatikan analogi yang saya berikan di bawah ini:

Contoh Soal Hukum Kirchoff

Contoh Soal Hukum Kirchoff

Perhatikan jumlah mobil sebelum masuk dalam percabangan, terdapat 5 buah mobil (analogi I = 5A) kemudian di setiap percabangan terdapat 2 mobil (i = 2 A) dan 3 mobil (I= 3A). Ketika keluar dari percabangan maka total dari mobil tersebut sama ketika masuk kedalam percabangan adalah 5 mobil (I= 5A).

Bagaimana mudah bukan? Lalu bagaimana dengan hukum kirchoff 2?

Hukum II Kirchoff

Hukum 2 Kirchoff dikenal juga dengan hukum loop. Hukum ini akan membahas tentang beda potensial dalam rangkaian tertutup. Bunyi hukum II Kirchoff adalah total beda potensial dalam rangkaian tertutup adalah nol. Secara matematis sebagai berikut:

Hukum II Kirchoff

Yang perlu anda pahami ketika mempelajari atau menerapkan hukum 2 kirchoff dalam sebuah persoalan fisika, ada beberapa aturan yang harus anda ingat. Aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Semua hambatan (R) dihitung positif.
  2. Pada arah perjalanan atau penelusuran rangkaian tertutup (loop), jika sumber arus berawal dari kutub negatif menuju ke kutup positif, maka gglnya bertanda positif. Jika sebaliknya dari kutub positif menuju ke kutub negatif, maka ggl nya dihitung negatif. Pokoknya yang perlu anda ingat, arah loop menyentuh kutup apa, jika negatif maka gglnya negatif atau sebaliknya jika positif gglnya bertanda positif
  3. Arus yang searah dengan arah loop dihitung positif, sedang yang berlawanan dengan arah penelusuran dihitung negatif.
  4. Jika hasil akhir perhitungan kuat arus bernilai negatif, maka kuat arus yang sebenarnya merupakan kebalikan dari arah yang ditetapkan.

aturan loop hukum kirchoff

Contoh Soal Hukum Kirchoff

Contoh Soal Hukum 1 Kirchoff

  1. Pada gambar di bawah ini tentukan kuat arus di I3.
    Contoh soal hukum 1 kirchoff

    Diketahui
    I = 12 A
    I1 = 8 A
    I2= 3 A
    Ditanya I3?
    Jawab
    Contoh soal hukum 1 kirchoff 1
  2. Perhatikan gambar di samping! Jika besarnya arus yang masuk 200 mA, maka hitunglah besarnya kuat arus I1, I3 dan I5!
    contoh soal 2 hukum I kirchoff

    Perhatikan gambar di atas, diketahui I2 dan I 4 Maka kita bisa mencari nilai dari arus yang lainnya
    contoh soal 2 hukum I kirchoff 2

Contoh soal hukum II Kirchoff

  1. Perhatikan gambar rangkaian tertutup di bawah ini
    Contoh soal hukum II Kirchoff<

    Perhartikan gambar di atas
    Contoh soal hukum 2 kirchoff
    Contoh soal hukum 2 kirchoff 2

Demikian ulasan lengkap kita tentang pengertian, bunyi hukum kirchoff baik hukum I kirchoff ataupun yang kedua dan di sertai dengan contoh soal serta pembahasan. Silahkan anda bagikan kepada yang lainnya ya.

Leave a Reply