Makalah Landasan Pendidikan

Materi.id- Makalah Landasan Pendidikan| Hai sobat MateriID, kali ini kita akan membahas tentang materi Makalah landasan pendidikan. Materi ini pada umumnya diberikan kepada mahasiswa calon guru atau mahasiswa yang berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Mengapa demikian? Karena calon-calon guru tersebut harus memahami apa itu tentang pendidikan dan apa itu landasan pendidikan?

Pengertian Landasan Pendidikan

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang makalah landasan pendidikan, sahabat sudah mengetahui belum apa pengertian dari landasan pendidikan? Jika belum, mari kita bahas. Landasan pendidikan terdiri dari dua kata yaitu landasan dan pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Landasan berarti berarti tumpuan, dasar atau alas. Jika kita melihat makna dari landasan ada dua sifat dari pengertian ini yaitu bersifat material dan bersifat konseptual. Apa itu sifat material? Sifat material adalah sifat yang berbentuk dan dapat dilihat misalnya landasan pesawat terbat. Sedangkan landasan bersifat konseptual adalah landasan pendidikan. Landasan yang bersifat koseptual identik dengan asumsi dimana  asumsi tersebut dapat dibedakan menjadi tiga macam  yaitu aksioma, postulat dan premis tersembunyi.

Makalah Landasan Pendidikan

Makalah Landasan Pendidikan

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan  dapat dipahami dari dua sudut pandang yang pertama dari sudut praktek atau sering kita sebutkan dengan istilah praktek pendidikan, dan kedua dari sudut studi sehingga kita kenal istilah studi pendidikan. Apa itu praktek dan studi pendidikan? Praktek pendidikan adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang atau lembaga dalam membantu individu atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan pedidikan. Sedangkan studi pendidikan yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang atau pun sekelompok orang yang bertujuan  dalam rangka memahami pendidikan.

Dari uraian di atas, sudahkan anda memahami makna dan pengertian dari landasan pendidikan? Ok, mari kita simpulkan landasan pendidikan adalah asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan studi pendidikan.

Jenis-Jenis Landasan Pendidikan

Dari pengertian diatas bahwa landasan pendidikan adalah beberapa asumsi yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan pendidikan. Ini menenjukan terdapat beberapa jenis landasan pendidikan. Berdasarkan sumber memperolehnya, landasan pendidikan dibagi beberapa jenis diantaranya sebagai berikut yang bisa dijadikan bahan makalah landasan pendidikan

  1. Landasan religius pendidikan
    Landasan religius adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari religi atau agama yang menjadi titik tolak dalam rangka penyelenggaran pendidikan baik praktek pendidikan dan studi pendidikan.
  2.  Landasan filosofis pendidikan
    Landasan filosofis adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan
  3. Landasan ilmiah pendidikan
    Landasan ilmiah yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari berbagai cabang atau disiplin ilmu. Landasan ini sering dikenal juga dengan landasan empiris atau landasan faktual. Yang termasuk kedalam landasan ilmiah pendidikan antara lain landasan psikologis pendidikan, landasan sosiologis pendidikan, landasan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan, dsb.
  4. Landasan yuridis atau hukum pendidikan,
    Landasan ini merupakan asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikianlah materi dasar yang bisa dijadikan sumber makalah landasan pendidikan anda. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan kepada yang lainnya ya.

Leave a Reply