Materi dan Contoh Soal Momen Inersia

Materi.id| Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang materi dan contoh soal momen inersia. Pokok Bahasan ini berada di kelas XI (11) SMA. Untuk mengethaui materi apa saja yang ada dikelas XI, bisa anda baca terlebih dahulu tentang ” Materi Fisika SMA Kelas XI (11)“.

Pengertian Momen Inersia

Pokok bahasan mengenai momen inersia adalah materi di bab kedua di semester 2 yaitu masuk dalam pokok bahasan kesetimbangan benda tegar. Sebelum membahasnya lebih jauh, sudah kan anda mengetahui tentang benda tegar itu sendiri? Yang termasuk kedalam benda tegar adalah benda padat yang tidak berubah bentuk apabila
dikenai gaya luar. Sedangkan momen inersia atau yang sering dikenal dengan momen kelembaman benda terhadap
sumbu putar, yaitu penjumlahan hasil kali massa tiap partikel dalam suatu benda tegar dengan kuadrat jaraknya dari sumbu.

Persamaan Momen Inersia

Momen inersia di rumuskan sebagai berikut:

Persamaan atau rumus momen inersia.

Atau kita bisa memberikan pengertian momen inersia sebagai perbandingan gaya resultan (momen) terhadap percepatan sudut. Besarnya momen inersia tergantung pada bentuk benda, jarak sumbu putar ke pusat massa, dan posisi benda relatif terhadap sumbu putar.

Berikut ini beberapa besar momen inersia berbagai benda tegar homogen yang harus kalian pahami. Biasanya besar momen inersia untuk selinder pejal, bola pejal, batang homogen dan lainnya. Silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini:

Momen inersia berbagai benda tegar

Contoh Soal Momen Inersia

Bagaimana, sudah pahamkan? Untuk lebih memahaminya berikut ini saya berikan contoh soal momen inersia dan pembahasannya.

Contoh Soal 1

Empat buah partikel A, B, C, dan D masing-masing bermassa 200 gram, 350 gram, 400 gram, dan 150 gram disusun seperti gambar berikut ini.

contoh soal momen inersia

Contoh soal 2 Momen Inersia

Empat buah partikel seperti ditunjukkan pada gambar dihubungkan oleh sebuah batang kaku ringan yang massanya dapat diabaikan. Tentukan momen inersia sistem partikel terhadap poros:
a. sumbu A,
b. sumbu B.

Contoh soal dan Pembahasan Momen Inersia

Contoh soal 3

Empat partikel dihubungkan dengan batang kayu yang ringan dan massanya diabaikan seperti pada gambar berikut.

Contoh soal momen inersia 2

Contoh soal 4

Sebatang kayu silinder panjangnya 100 cm dan bermassa 800 g. Tentukan momen inersia batang kayu itu, jika batang kayu tersebut berputar dengan sumbu putarnya:
a. di tengah-tengah,
b. di ujung.

Contoh soal dan pembahasan momen inersia 2

Demikianlah pembahasan singkat mengenai materi momen inersia dan contoh soal momen inersia beserta pembahasannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Add Comment