Materi Fisika Kelas X (10) Semester 1

Materi.ID|Materi fisika kelas x semester 1| Hai para sahabat setia MateriID, kali ini kita akan membahas materi apa saja yang akan kalian terima pada kelas X (10) Semester 1 baik di SMK dan SMA. Secara umum jika di SMK dan SMA menggunakan kurikulum yang sama, maka materi yang ada hampir sama. Untuk itu saya akan membahas tentang materi fisika kelas X semester 1 berikut ini.

Bab 1 Besaran dan Satuan

Materi fisika kelas X semester 1 pada bab pertama yang akan kalian pelajari adalah materi tentang Besaran dan satuan. Untuk memahami materi besaran dan satuan, perhatikan peta konsep besaran dan satuan dibawah ini:

Peta Konsep Besaran dan Satuan

Peta Konsep Besaran dan Satuan

Pada materi besaran dan satuan kalian akan mempelajari apa saja contoh dari besaran pokok dan apa itu besaran pokok dan besaran turunan. Selain itu juga kalian akan mempelajari beberapa alat ukur diantaranya bagaimana cara menggunakan alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup. Kita juga akan mengetahui bahwa besaran juga dibagi menjadi dua karena memiliki arah dan tidak yaitu besaran vektor dan besaran skalar. Besaran vektor adalah besaran yang memiliki arah dan satuan, contohnya kecepatan gaya dan lainnya. Sedangkan besaran sekalar adalah besaran yang tidak memiliki arah hanya memiliki nilai.

Pada besaran vektor, kita juga akan belajar bagaimana cara menjumlahkan, mengurangkannya. Ada beberapa cara dalam penjumlahan vektor, dapat menggunakan cara analitis, poligon atau secara grafis. Yang perlu anda ingat adalah letakkan ujung vektor A ke pangkal vektor B dan vektor penjumlahannya adalah dari pangkal A ke Ujung vektor B. Itu adalah vektor resultannya. Seperti pada gambar dibawah ini:

Penjumlahan vektor

Secara sederhana beberapa materi di atas bisa saya rangkum sebagai berikut:

  1. Besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur serta memiliki satuan.
  2. Besaran dapat dibagi berdasarkan jenisnya dua macam yaitu besaran pokok dan besaran turunan.
  3. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu.
  4. Adapun besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran
    pokok.
  5. Satuan Internasional adalah satuan yang diakui penggunaannya secara internasional
    serta memiliki standar yang sudah baku.
  6.  Satuan internasional dari tujuh besaran pokok adalah meter (panjang), kilogram (massa), sekon (waktu),
    ampere (kuat arus), kelvin (suhu), mol (jumlah zat), dan kandela (intenstas cahaya).
  7. Fungsi dari satuan internasional adalah Agar dihasilkan ukuran yang sama dari masing-masing satuan maka dibuat satuan standar dari masing-masing besaran sehingga dimanapun anda akan menemukan hal yang sama yang diterapkan di Indonesia
  8. Berdasarkan arah, besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran vektor dan besaran sekalar. Vektor adalah jenis besaran yang mempunyai nilai dan arah sedangkan besaran sekalar hanya memiliki nilai saja
  9. Dalam menjumlahkan besaran vektor terdapat beberapa cara, grafis, poligon ataupun menggunakan analitis matematis
  10. Didalam bab ini juga kamu akan melakukan pengukuran menggunakan jangka sorong.

Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan sahabat klik bagian yang berwarna, di situ ada penjelasan lebih lanjut.

Bab 2 Gerak Lurus

Pada bagian kedua pada meteri fisika kelas X semester 1 adalah gerak lurus. Gerak adalah perubahan kedudukan dari titik acuan tertentu. Sedangkan gerak lurus adalah gerak suatu benda karena lintasannya berbentuk garis lurus. Untuk memahami tentang apa saja yang akan kalian pelajari pada materi gerak lurus di semester 1 kelas x ini, perhatikan peta konsep gerak lurus berikut ini:

Peta Konsep Gerak lurus

Peta Konsep Gerak lurus

Pada bagian ini kita akan mempelajari gerak namun tidak mempelajari penyebab dari gerak tersebut atau yang dikenal dengan kinematika gerak. Sedangkan ilmu yang mempelajari gerak dengan mempelajari penyebabnya atau dinamika gerak akan kita pelajari di bab berikutnya. Pada bagian pertama, kalian akan mempelajari perbedaan antara jarak dan perpindahan. Jika jarak adalah jumlah panjang lintasan total yang ditempuh sedangkan perpindahan adalah perubahan posisi atau kedudukan dari kedudukan awal ke kedudukan akhir.

Pada bagian ini kalian juga akan mempelajari tentang apa itu kecepatan dan bagaimana cara mencari kecepatan rata-rata . Anda juga akan mengetahui bahwa kecepatan adalah salah satu dari besaran vektor sehingga aturan dalam penjumlahan vektor kita gunakan pada bagian ini. Pada materi ini juga kita akan mengetahui bahwa gerak lurus dibagi menjadi dua jenis yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

Gerak lurus beraturan adalah gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatan tetap. Pada GLB nilai kecepatan adalah tetap dan tidak memiliki percepatan. Sedangkan untuk GLBB adalah gerak lurus dengan perubahan kecepatan, atau memiliki percepatan tetap. Kecepatan pada GLBB berubah dan percepatannya adalah tetap. Untuk persamaan atau rumus yang digunakan pada GLBB adalah sebagai berikut:

Rumus-rumus GLB dan GLBB

Rumus GLBB

Pada materi fisika kelas x semester 2 bab 2 ini kalian juga akan belajar tentang gerak vertikal baik ke atas maupun ke bawah atau yang dikenal dengan gerak jatuh bebas. Pada gerak vertikal dan gerak jatuh bebas, rumus atau persamaan yang digunakan dalam GLBB dalam gerak vertikal juga berlaku, namun untuk percepatan dalam GLBB di ganti dengan percepatan gravitasi (g) dengan nilainya 9,8 m/s^2. Berikut ini adalah rumus-rumus yang digunakan dalam gerak jatuh bebas atau gerak vertikal.

Rumus Gerak Jatuh Bebas

Rumus Gerak Jatuh Bebas

Bab 3 Gerak Melingkar Beraturan

Pada bagian ketiga yang akan kalian pelajari pada materi fisika kelas X semester 1 adalah gerak melingkar beraturan. Untuk memahami pelajaran atau materi apa saja yang dipelajari pada materi gerak melingkar beraturan (GMB), perhartikan peta konsep berikut ini:

Peta Konsep Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

Peta Konsep Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

GMB adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan kecepatan konstan dan arah kecepatannya tegak lurus dengan arah percepatannya. Besaran-besaran yang kita gunakan pada materi ini ada beberapa digunakan dalam gerak harmonik sederhana seperti frekuensi, periode, kecepatan sudut, percepatan sudut, posis sudut dan percepatan sentripetal.

Pada materi Gerak melingkar beraturan kita juga akan mempelajari bagaiamana hubungan antar roda baik sistem langsung dan yang tidak langsung.

Bab 4 Hukum Newton tentang Gerak

Jika pada bab 2 gerak lurus dan bab 3 Gerak Melingkar Beraturan yaitu kinematika gerak, maka pada bab 4 materi fisika kelas X semester 1 ini kita akan mempelajar yang dinamakan dinamika gerak.  Dinamika ada yang lurus dan dinamika rotasi. Bukan hanya itu saja, hukum newton juga dapat digunakan untuk memahami bagaimana gravitasi itu berlaku melalui hukum newton tentang gravitasi. Untuk memahami apa saja materi dari hukum newton tentang gerak, perhatikan peta konsep berikut ini:

Hukum newton tentang gerak

Demikianlah materi fisika kelas x semester 1 yang akan kalian pelajari silahkan di klik bagian mana yang ingin kalian pelajari lebih lanjut. Jika ada masalah atau pertanyaan silahkan ajukan di Forum ya

Leave a Reply