Materi Fisika Kelas X (10)

Materi.id- Materi Fisika Kelas X | Hallo sobat MateriID, kita akan membahas tentang materi apa saja yang akan kalian dapatkan di kelas X. Sebenarnya baik SMA dan SMK hampir sama saja jika menggunakan kurikukulum KTSP, namun jika menggunakan kurikulum 2013 pelajaran fisika hanya terdapat di kelas X (10) saja sehingga seluruh materi yang seharusnya dipelajari 3 tahun jika di SMA akan dipelajari hanya 1 tahun di SMK.

Materi fisika di kelas X ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu materi di kelas X semester 1 dan materi di kelas X semester 2. Semester ganjil atau 1 biasanya dimulai dari bulan juli hingga desember dan semester genap dimulai dari Januari hingga Juli. Jika saat ini anda memasuki bulan Januari hingga desember berarti anda harus mempelajari materi fisika kelas x semester 2.

Lalu bagaimana materi di semester 1 dan materi di semester 2? tenang saja, saya akan membagikan informasi dan menjelaskan sedikit mengenai materi apa saja yang akan kalian pelajari ketika kalian duduk di kelas X SMA. Silahkan bawa buku dan pena untuk mencatat materi-materi yang akan anda terima di kelas X ini.

Materi Fisika Kelas X Semester 1

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, materi ini akan anda terima ketika anda duduk dikelas X pada bulan Juli hingga Desember. Secara umum materi di kelas X semester 1 ini dibagi menjadi 4 bab yang harus anda pahami diantaranya:

  1. Bab 1 Besaran dan Satuan
  2. Bab 3 Gerak Lurus
  3. Bab 3 Gerak Melingkar Beraturan
  4. Bab 4 Hukum Newton Tentang Gerak

Bab 1 Besaran dan Satuan

Untuk memahami apa saja yang akan kalian pelajari di bab 1 ini, perhatikan peta konsep berikut ini:

Peta Konsep Besaran dan Satuan

Peta Konsep Besaran dan Satuan

  • Bagian pertama dalam bab ini adalah pengenalan tentang pengetahuan ilmu fisika.
    Apa itu fisika? asal mula adanya fisika serta hubungan fisika dengan ilmu lainnya.
  • Bagian kedua dalam bab ini adalah Besaran Pokok dan Satuan Standar.
    Pada bagian ini anda akan diperkenalkan dengan apa itu besaran serta jenis-jenis besaran pokok yang diakui oleh para ilmuan. Besaran-besaran pokok itu diantaranya panjang, massa, suhu, waktu, kuat arus, jumlah zat, dan intensitas cahaya. Diluar besaran-besaran tersebut adalah besaran turunan.
  • Bagian ketiga adalah Besaran Turunan.
    Besaran turunan adalah besaran yang di hasilkan dari besaran pokok. Besaran tersebut diantaranya luas, volume , gaya dan sebagainya. Pada bagian ini anda akan mempelajari berbagai macam besaran pokok dan mencari dimensinya
  • Bagian Ke empat adalah dimensi dan satuan

 

Leave a Reply