Nama Ilmuan Besar dan Terkenal Fisika Teoritis

Materi.ID| Halo sahabat MateriID, kali ini kita akan membahas tentang nama-nama ilmuan besar dan terkenal dari cabang fisika teoritis. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ilmuan besar di bidang fisika, sekilas kita harus ketahui terlebih dahulu tentang fisika itu sendiri.

Fisika adalah cabang ilmu tertua dimana astronomi didalamnya. Fisika berasal dar bahasa Yunani yang memiliki makna alam, alamiah (wikipedia). Jadi fisika adalah ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam ruang lingkup ruang dan waktu.

Fisika Teoritis dan Eksperimental

Fisika adalah salah satu ilmu yang sangat berkontribusi dalam perkembangan teknologinya melalui teori-teori yang diberikannya. Sejak dahulu, ilmuan fisika sudah memiliki budaya yang berkembang yaitu memisahkan antara fisika teori dan fisika eksperimen. Mulai dari abad ke-20, para ilmuan fisika sudah mulai mengkhususkan diri untuk terjun kedalam fisika teoritis atau fisika eksperimen saja. Sangat sedikit fisikawan yang berhasil pada kedua bidang tersebut. Apakah keduanya bertolak belakang? Tentu saja tidak.

Secara sederhana begini, teoris atau ilmuan fisika teoritis berusaha mengembangkan sebuah teori yang dapat menjelaskan hasil eksperimen yang telah dicoba oleh fisikawan eksperimen dan dapat memperkirakan hasil eksperimen yang akan datang.  Begitu sebaliknya, ilmuan fisika ekperimen atau yang dikenal dengan eksperimentalis menyusun dan melaksanakan eksperimen untuk menguji perkiraan teoretis.

Meskipun teori dan eksperimen  dapat dikembangkan secara terpisah, mereka saling bergantung satu sama lainnya. Kemajuan dalam fisika biasanya muncul ketika eksperimentalis membuat penemuan yang tak dapat dijelaskan dari teori yang ada, sehingga para ilmuan harus merumuskan teori-teori baru guna menjelaskan fenomena yang terjadi.

Bagaimana sudah paham bukan mengenai fisika teori dan fisika eksperimen? Jika sudah mari kita mengenal beberapa ilmuan besar yang terkenal pada bidang fisika teori atau teoritis. Salah satu portal online terkenal theguardian.com merilis 10 ilmuan fisika terbaik pada bidang fisika teori yang sebagian akan kita bahas kali ini.

Ilmuan Fisika Teori atau Teoritis

Kali ini, MateriID akan membahas beberapa ilmuan fisika teori yang berpengaruh dalam perkembangan dari subatomic hingga kosmik. Ok kita mulai yang pertama

Isaac Newton

Isaac Newton

Isaac Newton merupakan ilmuan yang mendapatkan gelar kebangsawanan Inggris (Sir) dilahirkan pada tanggal 4 Januari 1643. Ia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog.

Salah satu karyanya yaitu sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1687 merupakan buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains yaitu yang berjudul Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica. Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Hukum yang dikenal oleh para siswa yaitu hukum 1 newton, hukum 2 newton dan hukum 3 newton. Bukan hanya pada dasar-dasar mekanika klasik, Newton juga berkontribusi dalam bidang mekanika, optika. Bukan itu saja, di bidang matematika dia juga mengembangkan kalkulus defrensial dan integral.

Ilmuan kedua yang terjun kedalam fisika teoritis adalah Neils Bohr, mungkin sahabat ketika mendengar ilmuan ini maka terlintas di benak anda adalah seorang ilmuan kimia. Padahal Neils Bohr adalah fisikawan. Ilmuan ini memiliki nama lengkap Niels Henrik David Bohr yang lahir 7 Oktober 1885 di Kopenhagen. Niels Bohr dikenal dengan penemu awal konsep mekanika kuantum untuk model atom. Tak heran banyak orang yang mengenalnya melalui bidang pelajaran kimia yaitu tentang atom. Perlu sahabat ketahui bahwa Bohr adalah seorang ahli fisika peraih hadiah Nobel Fisika pada tahun 1922.

Teori yang terkenal dari Bohr adalah teori model atom. Teori yang dikemukakannya dituangkan dalam lembar kerja yang diberi judul On the Constitution of Atoms and Molecule diterbitkan oleh Philosophical Magazine tahun 1933.

Para sahabat tentu sudah mengetahui teori yang dikemukakannya bukan? Bahwa atom itu bagaikan matahari yang dikelilingi oleh plant. Matahari itu sebagai inti dan elektronnya mengelilingi dalam bentuk orbit.

Bukan hanya Nobel fisika yang dia terima, beberapa penghargaan bergengsi lainnya yang ia terima diantaranya Medali Franklin (1926), Orde Gajah (1947),  dan Atom untuk Perdamaian Penghargaan (1957).

Siapa sih Galileo Galilei? Galileo adalah ilmuan yang di lahirkan  pada 5 februari 1564 di Pisa. Banyak sebutan bagi ilmuan ini diantaranya bapak astronomi observasioal, bapak metode ilmiah, serta bapak ilmu pengetahuan. Para sahabat mungkin mengenalnya melalui informasi dihukumnya Galileo oleh masyarakat dan pemimpin gereja saat itu. Galileo dihukum karena melenceng dari keyakinan yang dianut saat itu bahwa bumi adalah pusat tata surya, sedangkan dia mendukung Copernicus bahwa matahari adalah pusat daru tata surya.

Sumbangsih Galileo dalam sains adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan dibidang astronomi, hukum gerak dinamika pertama dan kedua.

Albert Einstein

Albert Einstein

Ilmuan fisika teori yang terkenal saat ini adalah Albert Einstein. Albert Einstein lahir pada 14 maret 1879 di Jerman yang dipandang sebagai ilmuan terbesar abad 20. Einstein mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi.

Einstein mendapatkan hadiah Penghargaan Nobel fisika pada tahun 1921 karena penjelasannya tentang efek foto listrik. Apakah sahabat mengetahui, bahwa Einstein sudah menekuni matematika, banyak orang beranggapan bahwa dia gagal di bidang ini, tetapi wikidepia menyebutnya ini tidak benar.

Jika kita menanyakan kepada semua orang di penjuru Bumi sebuah gambar wajah ilmuan ini, pasti banyak orang mengenalnya. Ilmuan satu ini adalah ilmuan yang terkenal ke seluruh penjuru bumi. Untuk menghargainya dibuatnya satuan fotokimia dengan namanya, sebuah unsur kimia dan yang terkahir adalah sebuah asteroid.

Sebenarnya masih banyak lagi ilmuan yang terkenal dibidang fisika teori atau fisika teoritis ini seperti Maxwell, Faraday, Marie Curie, Feyman, dan Rutherford. Demikian informasi singkat tentang Beberapa ilmuan besar di fisika teoritis

No Responses

Leave a Reply