Hai sobat MateriID, jika anda sudah melakukan registrasi dan melakukan konfirmasi sehingga akun anda sudah aktif berstatus guru atau instruktur maka anda bisa menggunakan akun anda untuk membuat kursus online atau elearning anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus menuju dashboard anda dengan mengklik bagian pojok kiri atas seperti pada gambar dibawah ini:

Maka anda akan menuju ke halaman dashboard anda seperti pada gambar dibawah ini:

Untuk memahami laman dashboard anda, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu.

  • Yang pertama adalah Courses. Bagian ini adalah tempat dimana anda gunakan untuk menulis materi yang akan anda bagikan. Pada bagian ini, anda bisa membuat beberapa tahapan dalam pembelajaran eLearning anda.
  • Certificates adalah sertifikat yang bisa diberikan kepada siswa anda jika siswa anda sudah menyelesaikan elearning anda
  • Quizzes adalah bagian dimana anda gunakan untuk membuat tes atau kuis yang bisa diintegrasikan dengan materi yang terdapat pada courses anda. Bisa pilihan berganda ataupun esai.
  • Profile adalah laman dimana anda bisa melihat data diri anda.

Jika anda sudah memahaminya maka anda sudah bisa menggunakan MateriID sebagai Elearning anda. Pada bagian pertama supaya anda mudah memahaminya, jika anda ingin menggunakan sebuah kuis atau test di akhir pembelajaran maka anda harus membuatnya.

Membuat Kuis atau Test Online

Pertama silahkan anda klik Quizzes, kemudian terdapat dua pilihan yang pertama adalah All Quizzes adalah sumua daftar kuis atau test yang sudah pernah anda buat dan add new untuk membuat test baru. Maka anda harus memilih add new dan mendapatkan tampilan berikut ini:

Terdapat tiga bagian. Pertama masukkan judul di sini adalah silahkan anda masukkan nama test atau judul test yang akan anda inginkan.

Kemudian Quizze setting adalah pengaturan test online yang hendak anda gunakan. Allow to retake this quiz adalah pengaturan dimana siswa anda bisa mengikuti test berulang-ulang atau tidak. Jika anda menginginkan siswa anda bisa melakukan secara berulang, maka anda rubah menjadi ON dan masukkan jumlah berapa kali siswa anda diperbolehkan melakukan test online ini.

  • Pada bagian Course Content, anda bisa membuat beberapa kali tahapan pada test online anda. Jika anda ingin menambah beberapa kali sesi maka silahkan anda gunakan add section.
  • Section name adalah nama test yang akan anda buat. Silahkan isi sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Question type adalah jenis test yang akan anda buat apakah singgle choice atau multiple choice atau esai. Jika anda ingin membuat tipe pilhan ganda, maka anda gunakan multiple choice.
  • Tipe Priode adalah jumlah waktu yang anda berikan kepada siswa untuk mengerjakan test tersebut.

Setelah semuanya sudah anda isikan maka silahkan klik add Question

Silahkan anda isikan pada kotak kosong disebelah tulisan question adalah pertanyaan anda. Jika sudah, silahkan klik bagian samping kanannya yang bertanda bulat dan tanda >

Setelah itu klik add choice, silahkan tambahkan sesuai dengan jumlah pilihan yang anda inginkan. Jika lima, maka silahkan add sebanyak lima kali dan isikan daftar pilihannya pada kotak yang tersedia.

Corect answer adalah tempat untuk kunci jawaban atau jawaban yang benar. Gunakan angka. Dimana jawaban yang bernar tersebut berada.

Score this question adalah jumlah skor untuk satu soal tersebut. Sesuaikan dengan jumlah pertanyaan yang hendak anda buat.

Membuat Materi Pembelajaran

Langkah selanjutnya adalah membuat materi yang akan disampaikan pada elearning anda.

Maka anda harus mengklik Courses kemudian add new. Maka anda akan menempukan tampilan sebgai berikut

Silahkan isikan judul dari kursus atau pembelajaran online anda. Bisa terkait dengan materi atau apapun yang hendak anda berikan pada siswa anda.

Masukkan pendahuluan pada kotak kosong dibawah judul. Bisa berisikan ringkasan materi apa saja yang hendak dipelajari atau apa saja yang harus disiapkan oleh siswa anda.

Perhatikan pada courses setting. Pada bagian ini adalah pengaturan pembelajaran online anda. Terdiri dari beberapa bagian diantaranya yang penting adalah bagian

Online Course harus anda setting ON

Allow non member to read course  artinya pengaturan bagi non member pun bisa membacanya. Dan jika anda inginkan semua orang bisa membaca maka set menjadi on

Course Final Quiz  adalah test online di akhir sesi pembelajaran. Silahkan anda pilih sesuai dengan test yang sudah anda buat dan sesuaikan dengan materi yang anda akan buat.

Lock Course On Start / End Date  jika anda ingin mengatur rentang waktu orang bisa mengakses pembelajaran anda. Jika anda memberikan rentang waktu, silahkan anda masukkan waktu mulai dan akhirnya.

Price silahkan kosongkan saja supaya semua orang bisa mengaksesnya

Pada bagian courses content anda bisa membuat pembelajaran dalam beberapa sesi. Jika anda ingin menambahnya maka silahkan klik add section.

  • Nama section adalah nama sesi pembelajaran anda. Bisa anda isikan sub bab materi atau materi apa yang hendak disampaikan.
  • Section Quiz : adalah kuis atau test di akhir sesi. Jika anda membuat soal test untuk setiap sesi silahkan pilih test yang sudah anda buat.
  • Student have to get  adalah batas minimal yang diperoleh siswa agar bisa melanjutkansesi
  • Lecture Name adalah nama anda
  • PDF Download Link  jika anda ingin membagikan materi yang sudah anda simpan di google drive atau lainnya

Silahkan anda masukkan materi yang hendak anda sampaikan pada kotak kosong yang tersedia. Jika sudah selesai dan ingin menambah sesi berikutnya. Silahkan anda klik add new section pada bagian courses content tadi.

Jika semua pembelajaran sudah anda masukkan, silahkan klik Publish atau terbitkan yaitu menu yang bisa anda cari pada bagian kiri.

Demikan panduan singkat bagi anda yang ingin mengunakanMaterID sebagai elearning anda.