Pengertian Besaran dan Satuan

Materi.id | Pengertian besaran dan satuan– Halo sobat MateriID, apakah anda mengetahui sebenarnya fisika itu berasal dari kata Yunani yang berarti alam. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala yang terjadi di alam semesta ini. Dalam mempelajari alam gejala alam ini pasti kita akan melakukan observasi dan melakukan pengukuran. Dalam hal ini kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu besaran dan satuan.

Apa itu Besaran dan Satuan?

Jika anda belum mengetahuinya, perhatikan penjelasan saya berikut ini ya. Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung yang dapat dinyatakan ke dalam angka atau yang kita kenal dengan memiliki nilai serta memiliki satuan. Dari pengertian ini kita memiliki tiga kata kunci yaitu

  • Dapat diukur
  • Dapat dinyatakan kedalam angka atau memiliki nilai
  • Memiliki satuan

Dari ketiga kata kunci tersebut, coba sahabat MateriID sebutkan contoh-contoh dari besaran. Yups, benar sekali yang sahabat sebutkan.
Berat, massa, panjang, waktu adalah contoh-contoh dari suatu besaran.
Lalu bagaimana dengan satuan? Apa itu satuan? Satuan dapat di artikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Atau secara sederhananya satuan adalah ukuran suatu besaran.

Coba anda perhatikan dari contoh yang sudah anda sebutkan di atas yaitu panjang. Kita tentu sudah pernah mengukur besaran ini bukan? Contoh kita mengukur panjang meja belajar kita dan kita dapati hasil 125 cm. Dari sini kita bisa mengenal panjang adalah suatu besaran, 125 adalah nilai atau ukuran dari besaran tersebut sedangkan cm adalah satuan dari besaran panjang. Bagaimana, mudah bukan?

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Berdasarkan satuannya, besaran fisika dapat dikelompokkan menjadi dua besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya sudah di tetapkan terlebih dahulu dan tidak bergantung dari besaran lainnya. Secara umum terdapat 7 besaran pokok yaitu massa, panjang, waktu, kuat arus, suhu, jumlah zat dan intensitas cahaya.  Untuk lebih jelasnya untuk besaran pokok dan satuannya silahkan anda lihat gambar berikut ini:

Besaran pokok dan satuannya

Selain di atas ada dua besaran tambahan untuk besaran pokok namun tidak memiliki dimensi yaitu sudut datar dan sudut ruang.

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang di turunkan dari besaran-besaran pokok. Apa ya contoh dari besaran turunan? Benar sekali contohnya adalah volume. Volume di dapatkan dari panjang, lebar dan tinggi. Ketingganya merupakan besaran pokok panjang, oleh sebab itu satuan dari volume adalah m^3.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh dari beberapa besaran turunan yang disertai dengan satuannya.

contoh besaran turunan dan satuannya

Besaran Vektor dan Sekalar

Selain itu juga, suatu besaran juga dapat dikelompokkan berdasarkan arah dan nilai menjadi dua yaitu besaran vektor dan besaran sekalar

Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nila serta arah. Perlu anda ketahui bahwa nilai dari besaran tersebut juga dipengaruhui oleh arah dari besaran tersebut. Contohnya adalah kecepatan, gaya, tekanan dan masih banyak yang lainnya. Besaran tersebut dalam penulisannya di serta dengan nilai, arah serta satuannya, misal kecepatan sebuah ambulance 40 m/s ke timur.

Sedangkan besaran vektor adalah besaran yang hanya memiliki nilai saja tidak memiliki arah. Artinya nilai dari besaran tersebut tidak bergantung dari arah dari besaran tersebut contohnya adalah massa, waktu, suhu dan lainnya.

Dimensi Besaran

Setiap besaran memiliki suatu dimensi. Dimensi adalah cara penulisan suatu besaran dengan menggunakan simbol (lambang) dari besaran pokok. Dengan kata lain, dimensi berfungsi untuk menunjukkan suatu besaran itu tersusun dari besaran -besaran pokok.

Cara Menentukan Dimensi Suatu Besaran

Dalam menentukan dimensi suatu besaran, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang dimensi dari besaran pokok. Terdapat 7 besaran pokok yang dilengkapi satuan dan dimensinya. Perlu anda ketahui bahwa satuan dan dimensi adalah berbeda. Untuk lebih jelasnya dimana letak perbedaan tersebut, perhatikan gambar dibawah ini:

Dimensi dan satuan besaran pokok

Dimensi dan satuan besaran pokok

Langkah kedua jika anda sudah mengetahui dimensi dari 7 bearan pokok tersebut, silahkan anda car satuan dari besaran yang ingin anda ketahui dimensinya. Berikut ini saya berikan contoh dalam menentukan dimensi suatu besaran

Contoh soal dan pembahasannya

Contoh soal penentuan dimensi suatu besaran

Contoh soal penentuan dimensi suatu besaran

Demikianlah pembahasan kita engenai pengertian besaran dan satuan, besaran pokok dan besaran turunan, besaran vektor dan besaran sekalar serta analisis dimensi yang disertai contoh soal dan pembahasan. Semoga bermanfaat ya.

No Responses

Leave a Reply