Pengertian dan Contoh Kalimat Preposition

Materi.id|Halo para sahabat MateriID, kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh kalimat yang menggunakan Preposition. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai hal itu, apakah sahabat sudah mengetahui pengertian atau arti dari preposition? Jika belum mari simak penjelasan dibawah ini.

Berdasarkan pengertiannya preposition adalah kata depan. Sama halnya dengan di Bahasa Indonesia, contohnya saja kata depan di, ke, antara, dengan dan sebagainya. Lalu bagaimana di bahasa inggris? Contoh preposisi [di] dalam bahasa Indonesia, maka dalam bahasa Inggris kita bisa menggunakan [in], [at], dan [on]. Sama sama memiliki arti di namun dalam penggunaannya sangat berbeda ketiganya.

Definisi atau Pengertian Preposition (Kata Depan/ Preposisi)

 Menurut http://dictionary.reference.com/browse/preposition– Preposition berarti: “a word or group of words used before a noun or pronoun to relate it grammatically or semantically to some other constituent of a sentence” – yang artinya:

Sebuah atau sekelompok kata yang digunakan didepan kata benda atau pronoun yang berhubungan dari segi gramatikal atau semantik dengan unsur-unsur (constituent) lainnya dalam sebuah kalimat“.

Berdasarkan pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa preposisi tidak dapat berdiri sendiri dan tidak bermakna jika tidak diikuti unsur lain misalnya saja Subject (Subjek), Kata kerja (verb) atau yang lainnya.

Contoh sederhananya saja He is in her office now.

Dalam contoh kalimat di atas, preposition [in] berhubungan secara gramatical dengan [office] dan atau [her office]. [her office] mengandung pronoun her + noun (lihat def). Dengan gabungannya [in] dan [office] atau [in] dan [her office] maka bermaknya didalam” sehingga kita meng-interpretasikannya (ingat! bukan menterjemahkannya!) dengan [didalam kantor] atau [didalam kantornya].

Macam dan Contoh Preposition (Preposisi)

Secara umum ada tiga jenis preposition yaitu preposition of time, reposition of place and position dan preposition of movement. Berikut ini pengertian dari jenis preposition tersebut

  • Preposition of time digunakan untuk memberi petunjuk waktu (at night, after lunch, during the storm),
    Untuk memahami hal ini, perhatikan gambar dibawah ini:

                 Preposition of Time

  • preposition of place and position digunakan untuk memberi petunjuk tempat atau posisi (among his friends, inside my PC, outside the auditorium),
    Untuk memahami  preposition of place and position  silahkan anda amati gambar dibawah ini. Jika anda memahami dengan benar, maka anda akan mengetahui perbedaan dan penggunaanya contohnya pengunaan beside, into, out of, among, across, and along

Perhatikan juga contoh pada gambar berikut ini. Gambar ini juga menggambarkan penggunaan preposition of place and position contohnya on, between, behind, in front of, under, next to, in, dan near.

  • preposition of movement digunakan untuk memberi petunjuk arah pergerakan (towards the post office, go up stairs, out of the hall).

Untuk lebih memahami penggunaannya, berikut ini saya berikan arti dan preposisi tersebut:

  1. On = Diatas
  2. In = Di dalam
  3. Over = Diatas (tapi melayang)
  4. Under = Dibawah
  5. Far = Jauh
  6. Near = Di sekitar
  7. Up = Keatas
  8. Down = Kebawah
  9. Beside = Disamping
  10. Into = Kedalam
  11. Out of = Keluar
  12. Among = Diantara
  13. Past = Melewati
  14. Across = Menyebrang
  15. Along = Bersamaan
  16. In front of = Didepan
  17. Behind = Dibelakang
  18. Between = Diantara
  19. Around = Berputar/Di sekitar
  20. Opposite = Berlawanan arah
  21. Through = Melewati
  22. First = Pertama
  23. Last = Terakhir
  24. At = Di

Demikianlah materi tentang prepotition dan beberapa contoh penggunaanya dalam kalimat. Silahkan like dan bagikan kepada yang lainnya sehingga mereka pun dapat memahaminya.

Add Comment