Pengertian Sel, Fungsi dan Struktur Sel

Materi.id| Pengertian sel dan Fungsi sel| Halo sobat materID kali ini kita akan membahas seputar pengertian sel, fungsi sel dan struktur sel itu sendiri. Pengertian sel adalah materi  biologi kelas 11 (XI) semester 1. Mungkin kalian sudah sering mendengar ya dengan kata sel? Namun, apakah kamu sudah memahami dan mengetahui apa itu sel? Jika belum perhatikan ulasan materi yang akan kita bahas ini ya dan perhatikan peta konsep sel berikut ini:

Peta konsep sel Pengertian Sel

Pengertian Sel

Materi Sel sebenarnya sudah anda pelajari sewaktu kamu duduk di SMP pelajaran IPA. Dan mungkin kamu sudah melihat bentuk dari sel ini ya dengan menggunakan mikroskop? Lalu apa itu sel? Sel adalah unit terkecil dalam mahluk hidup. Jika di materi kimia, partikel terkecil dari sebuah materi adalah atom yang terdiri dari elektron, proton dan neutron. Pada mahluk hidup sel inilah unit terkecilnya.

Pengertian Sel

Berdasarkan pengertian sel diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa di dalam sel terdapat bagian-bagian yang berperan dalam aktivitas hidup sel. Pemahaman dan penyelidikan terhadap sel di awali pada abad ke-17 setelah Robert Hooke yang dapat menciptakan suatu alat yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil dan saat ini dikenal dengan mikroskop.

Penelitian Hooke yang menjadi permulaan dari pengamatan terhadap sel adalah pengamatan Hooke terhadap irisan kayu yang mati dan sangat kecil. Hasil pengamatan itu berupa petak-petak segi empat yang di tengahnya kosong. Bagian yang berbentuk petak-petak tersebut disebut sel yang berarti petak atau ruang kecil.

Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Sel

Lalu bagaimana gambar dan struktur dari sel itu sendiri dan apa saja fungsi dari bagian-bagian sel? Pertanyaan ini akan dijawab pada materi di bawah ini. Berikut ini gambar struktur sel dan bagian-bagian dari sel yang bisa kalian pahami.

Struktur Sel dan Fungsi Bagiannya

Pada gambar sudah diberikan keterangan yang lengkap mengenai bagian-bagian dari sel itu sendiri.

Fungsi Bagian-Bagian Sel

Coba anda perhatikan gambar di atas, sel tersusun dari beberapa bagian yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai bagian-bagian sel itu sendiri:

Apa itu Membran Sel?

Membran sel adalah selaput tipis yang sering dikenal sebagai plasmalema. Ukuran dari membran ini adalah sangat tipis sekali yaitu antara 5 – 10 nm. Sangat tipis sekali ukuran membran sel ini sehingga melalui mikroskop cahaya, membran sel tidak dapat diamati dengan akurat.

Teori yang terkenal yang di sampaikan ke publik mengenai membran sel adalah teori yang dikemukakan oleh S. Singer dan E.Nicolson (1972) yang dikenal dengan teori membran sel. Teori ini disebut teori membran mozaik cair, yang menjelaskan bahwa membran sel terdiri atas protein yang tersusun seperti mozaik (tersebar) dan
masing-masing tersisip di antara dua lapis fosfolipid.

Perlu anda ketahui bahwa membran sel merupakan bagian pertama atau bagian luar dari sebuah sel yang tersusun secara berlapis-lapis.  Bahan penyusunnya adalah gabungan antara protein dan lemak yang dikenal dengan lipoprotein.

Lipid atau lapisan lemak yang menyusun membran sel terdiri atas fosfolipid dan sterol. Fosfolipid memiliki bentuk tidak simetris dan berukuran panjang. Salah satu ujung fosfolipid bersifat mudah larut dalam air (hidrofilik), yang disebut dengan ujung polar. Bagian sterol bersifat tidak larut dalam air (hidrofobik) yang disebut dengan ujung nonpolar.

Membran sel memiliki sifat selektif permiabel artinya adalah membran sel dapat dilalui oleh air dan zat-zat tertentu yang terlarut didalamnya. Selain itu membran sel memiliki beberapa fungsi dan kegunaan. Berikut ini fungsi dari membran sel:

  • Membran sel sebagai pelindung sel hal ini dikarenakan membran sel letaknya adalah paling luar dari sel sehingga membran sel menlingdungi bagian dalam sel
  • Membran sel sebagai mengendalikan pertukaran zat hal ini dikarenakan memiliki sifat selektif permeabel karena memiliki baguan yang bersifat hidrofolik dan hidrofobik.
  • Membran sel sebagai tempat terjadinya reaksi kimia.

Keistimewaan dari fungsi sel ini adalah mengetahui mana saja zat yang dibutuhkan dan zat yang tidak oleh sel. Zat yang tidak dibutuhkan akan dikeluarkan keluar sel melalui proses atau peristiwa transpor aktif dan transpor pasif.

Bagian Inti Sel (Nukleus)

Inti sel atau yang dikenal dengan nukleus adalah organ terbesar dari sel yang memiliki ukuran antaran 10-20 nm. Hampir semua sel memilki nukleus karena nukleus memiliki peran yang penting dalam aktivitas sel. Ada beberapa sel yang tidak memiliki nukleus adalah Sel eritrosit dan trombosit. Nukleus memiliki tiga bagian diantaranya membran nukleus, matriks, dan anak inti.

Di dalam anak inti atau yang dikenal dengan Nukleolus banyak terdapat benang-benang halus DNA atau yang dikenal dengan kromosom. Ada beberapa fungsi dari kromosom diantaranya sebagai berikut:

  • Menentukan ciri-ciri yang dimiliki sel
  • Mengatur bentuk sel
  • Menentukan generasi selanjutnya

Sitoplasma

Sitoplasma yaitu suatu cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya. Letak dari sitoplasma adalah di dalam inti sel yang disebut dengan nukleoplasma. Sitoplasma memiliki sifat tidak padat dan tidak cair atau di dalam ilmu kimia dikenal dengan sebutan koloid. Jika konsentrasi air tinggi maka koloid akan bersifat encer yang disebut dengan sol, sedangkan jika konsentrasi air rendah maka koloid bersifat padat lembek yang disebut dengan gel.

Sitoplasma terdiri dari berbagai organel yang menyusun sitoplasma diantaranya adalah:

  • Mitokondria
  • Retikulum Endoplasma
  • Ribosom
  • Badan Golgi
  • Lisosom
  • Sentrosom
  • Vakuola
  • Plastida
  • Kloroplas

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian sel, gambar sel dan struktur dan bagian-bagian sel yang diberi penjelasan lengkap.

Leave a Reply