Permainan Softball

Materi.idPermainan Softball | Kali ini kita akan membahas tentang materi permainan softball dari sejarah permainan ini, perlengkapan yang digunakan, ukuran lapangan dan bagaimana cara memainkan pemainan ini. Softball adalah permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Terdapat dua tim yang saling melawan. Permainan ini diciptakan pada tahun 1887 di Amerika Serikat oleh George Hancock. Permainan softball merupakan perkembangan dari permainan Bisbol.

Sejarah Softball

Permainan ini secara umum diciptakan tanpa sengaja. Ide dari permainan ini muncul pada pertandingan sepak bola antara Yale dan Harvard di klub Farragut Boat. Mengapa bisa terbentuk ide ini? Hal ini dikarenakan ada ketidak sukaan terhadap skor akhir antar pertandingan antara Yale dan Harvad. Sporter dari Yale dengan antusias melempar sebuah sarung tinju ke pendukung Harvard.

Mengetahui di lempar sarung tinju, pendukung lawan reflek mengambil sebuah tongkat dan memukul ke arah sarung tinju itu.  Dari sinilah Hancock memberikan sebuah ide untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan dengan bola yang dibuat dari sarung tinju yang dilempar tadi. Sarung tinju tersebut dijadikan sebagai bola dibuat dengan cara mengikatnya dengan erat memakai sebuah tali, kemudian dengan beberapa buah kapur, Hancock menandai lantai Farragut Boat menyerupai lapangan bisbol.

Induk organisasi dunia permainan ini adalah International Softball Federation

Tipe atau Jenis Permainan Softball

Menurut wikipedia Indonesia, permainan softball terdapat tiga tipe sebagai berikut

Terdapat 3 tipe permainan sofbol:

  • Fast pitch softball
    Fast pitch softball merupakan tipe permainan softball pertama dimana permainan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola kekuatan penuh dan sekeras-kerasnya sehingga memiliki kecepatan maksimum mirip halnya didalam permainan bisbol. Namun memiliki perbedaan dengan bisboll yaitu gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.
  • Modified pitch softball
    Tipe permainan ini sering dikenal dengan nama modball. Tipe ini muncul karena beberapa pemain yang pemula sering terkejut dan belum bisa beradaptasi dengan baik permainan tipe fast pitch softball. Sehingga modball dibentuk untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.
  • Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

Ukuran dan Bentuk Lapangan Softball

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar lebih mirip dengan belah ketupat kalo saya menggambarkannya. Lapangan permainan ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya  daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory).  Daerah daerah fair  sendiri dibagi lagi menjadi dua bagian diantaranya dua bagian tersebut adalah bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini yang disertakan keterangannya sehingga memudahkan anda untuk memahaminya.

Lapangan Softball Beserta Keterangannya

Lapangan Softball Beserta Keterangannya

Coba anda perhatikan gambar di atas khususnya di daerah infield atau daerah dalam. Di dalam daerah dalam terdapat base atau sering dikenal dengan marka. Dimulai dengan marka awal atau base awal yang disebut dengan home plate kemudian yang lainnya diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam diteruskan dengan marka pertama, marka kedua dan marka ketiga.

Lalu bagaimana ukuran dari base atau marka itu sendiri? Marka berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat marka membentuk bentuk empat persegi yang disebut berlian (diamond).

Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

Jarak Lintasan dan Melempar

Jarak lintasan dan titik lemparan untuk setiap tipe permainan di tentukan. Berikut ini jarak lintasan dan jarak melempar untuk setiap tipe permainan softball

Lintasan Fast Pitch Lintasan Slow Pitch
60 kaki (18,29 m) 60 kaki atau 65 kaki (19,81 m)

Jarak melempar (pitching) fast pitch 

Dewasa Di bawah 18 tahun Di bawah 15 tahun
Puteri Putera Puteri Putera Puteri Putera
43 kaki (13,11 m) 46 kaki (14,02 m) 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki 46 kaki (14,02 m) 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki 46 kaki (14,02 m)

Jarak melempar (pitching) slow pitch 

Dewasa Di bawah 18 tahun Di bawah 15 tahun
Puteri Putera Puteri (univ) Puteri Putera Puteri Putera
50 kaki (15,24 m) 50 kaki (15,24 m) 50 kaki (15,24 m) 50 kaki (15,24 m) 46 kaki (14,02 m) 50 kaki (15,24 m) 46 kaki (14,02 m)

Peralatan Permainan Softball

Lalu apa saja sih yang dibutuhkan dalam pertandingan ini? Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam permainan softball:

  1. Sofbol menggunakan bola berwarna kuning dengan benang grip berwarna merah,
    Perhatikan gambar dibawah ini untuk bola sebelum diperbaharui dan yang terbaru digunakan

    Bola Permainan Softball

    Bola Permainan Softball

  2. Sarung tangan (glove) dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola. Ada beberapa jenis sarung tangan dalam permainan ini diantaranya first baseman dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).
  3. Tongkat pemukul (bat)
  4. Helm pemukul bola
    Helm ini digunnakan untuk melindungi kepala seorang pemukul bola dari terjangan bola dan cedera,
  5. Pakaian pelindung (protective gear) untuk seorang penangkap bola,
  6. Sepatu pool (cleats).
  7. Uniform atau seragam

Wasit

Dalam permainan ini termasuk jenis permainan yang memiliki wasit yang banyak. Bayangkan saja dalam satu pertandingan sofbol orang hingga tujuh orang hakim atau wasit (umpire).  Dimana wasit ini dibagi kedalam beberapa tugas, yang pertama satu orang plate umpire dan tiga wasit marka yang menjaga pertandingan. Selebihnya wasit memantau daerah luar.

Sistem Pertandingan Softball

Lalu bagaimana sistem pertandingan ini? Seperti yang sudah dijelaskan diatas, permainan ini dimainkan oleh dua tim di lapangan sofbol. Dimana masing-masing  memiliki 9 pemain utama dan selebihnya merupakan pemain cadangan.

Secara umum cara pertandingan permainan ini terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Ketika tim yang menyerang mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul.Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.

Lalu bagiamana dalam penghitungan skornya? Skor atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua marka dari home plate secara berurutan dan kembali lagi serta menginjak home plate. Jika pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate akan mendapatkan satu angka untuk timnya. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

Lalu bagaimana jika kedua tim memiliki skor yang sama? Jika dalam inning yang ditentukan waktu sudah habis dan kedua belah tim dalam keadaan seri, Tentunya ada tambahan inning sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang.

Demikian pembahasan singkat mengenai permainan softball dari sejarah, tipe permainan seta bagaimana cara bermain dalam permainan ini. Semoga bermanfaat dan bagikan kepada yang lainnya ya.

Add Comment