Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Perubahan Kimia

Materi.id|Perubahan Kimia| Hai sahabat kita sudah mengetahui bahwa perubahan itu ada dua jenis yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika sudah kita bahas pada waktu sebelumnya yaitu perubahan yang terjadi namun tidak menghasilkan zat yang baru. Lalu bagaimana dengan perubahan kimia? Ciri-ciri dari perubahan kimia dan contoh dari perubahan itu sendiri? Lebih jelasnya mari kita mulai pembahasan kita mengenai hal ini.

Pengertian Perubahan Kimia

Sebelum membahas pengertiannya? Pernahkah kalian melihat kertas yang dibakar? Akan berubah tidak kertas tersebut? Sama tidak zat tersebut sebelum dan sesudah perubahan? Jika kalian bisa menjawab beberapa pertanyaan tersebut, maka anda sudah mengetahui apa itu perubahan kimia. Kertas di bakar adalah salah satu contoh dari perubahan kimia. Kertas yang dibakar akan menimbulkan bau, asap dan abu yang merupakan hasil dari pembakaran. Zat hasil pembakaran tersebut tidak akan bisa berubah wujud lagi menjadi kertas.  Perubahan zat yang menghasilkan zat baru seperti ini disebut dengan perubahan kimia.

Contoh Perubahan kimia

Ciri-ciri dari Perubahan Kimia

Tentu saja, dalam menentukan apakah termasuk kedalam perubahan tersebut kita harus mengamati ciri-ciri dari perubahan. Ada beberapa ciri yang bisa kita perhatikan:

  • Hasil dari perubahan adalah zat baru, jika anda dapati hal ini maka dapat dipastikan bahwa perubahan yang terjadi adalah perubahan secara kimia
  • Zat yang berubah tidak dapat kembali kedalam bentuk semula tanpa reaksi kimia
  • Diikuti perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia
  • Perubahan wujud yang terjadi karena hasil pembakaran
  • Perubahan wujud yang terjadi karena adanya reaksi kimia
  • dan sebagainya

Sifat Kimia

Lalu apa sih yang dimaksud dengan sifat kimia itu sendiri

Sifat kimia merupakan sifat yang dihasilkan dari perubahan kimia, antara lain mudah terbakar, mudah busuk, dan korosif.  Berikut ini penjelasannya mengenai sifat kimia itu sendiri:

Mudah Terbakar

Pernahkah kalian melihat kembang api? Apa lagi disaat bulan puasa atau lebaran maka kita akan sering menjumpainya. Kembang api sebelum dibakar adalah dari campuran antara kalium nitrat (KNO3) , belerang dan arang kayu. Namun sekarang kembang api telah dibuat dengan warna-warni, yaitu dari strontium dan litium (warna merah), natrium (warna kuning), barium (warna hijau), dan tembaga (warna biru).

Mudah Busuk

Pernahkah kamu menyimpan sayuran? Dan apa yang terjadi jika kamu letakkan dalam waktu yang lama? Sayuran tersebut akhirnya akan busuk. Proses pembusukkan ini karena adanya mikroorganisme.

Korosi atau Karat

Perkaratan atau korosi merupakan peristiwa rusaknya logam oleh pengaruh lingkungan, yaitu adanya oksigen dan kelembapan.

Jika kalian menemukan beberapa sifat kimia di atas pada benda yang sedang melakukan perubahan, maka bisa dipastikan perubahan yang terjadi adalah perubahan secara kimia.

Coba kamu perhatikan di sekelilingmu, bisakah kamu menyebutkan beberapa contoh dari perubahan kimia?

Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak sekali contoh yang bisa kita perhatikan perubahan wujud disekitar kita yang termasuk perubahan secara kimia. Berikut ini beberapa contoh dari perubahan tersebut:

  • Kertas di bakar
  • Kayu dibakar
  • Kembang api
  • Karat pada logam
  • Telur yang membusuk
  • dan masih banyak yang lainnya

Demikian pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri dan contoh dari perubahan kimia. Silahkan anda bagikan materi ini kepada yang lainnya. Namun jika kamu ingin bertanya seputar materi pelajaran, kamu bisa tanyakan di Forum

Leave a Reply