Rumus dan Contoh Gelombang Transversal

Materi.id| Rumus dan Contoh Gelombang Transversal|Halo sahabat MateriID, kita akan membahas seputar rumus gelombang transversal, serta contoh gelombang tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebelum membahas gelombang yang satu ini, kita harus mengetahui dasar dari materi gelombang adalah getaran. Jika getaran adalah gerak bolak balik melalui titik setimbang, maka gelombang adalah getaran yang merambat.

Pengertian Gelombang Transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita menemukannya. Bahkan pada waktu kecil kita sudah memainkannya. Pernahkah kalian main lompat tali karet? Setidaknya anda pernah menaik turunkan tali tersebutkan sehingga terjadi bukit dan lembah yang berjalan? Gelombang pada tali termasuk gelombang mekanik karena membutuhkan medium atau zat perantara untuk merambatnya. Bagaimana dengan gambar dari gelombang transversal ini?

Gambar Gelombang Transversal

Gambar Gelombang Transversal

Dari gambar diatas bisa anda lihat bahwa gelombang transversal terdiri dari bukit dan lembah. 1 Gelombang dari gelombang transversal terdiri dari satu bukit dan satu lembah. Bukit adalah gambar ABC lengkungan bagian atas yang memiliki puncak gelombang (bagian b). Sedangkan lembah adalah bagian C D E dengan D adalah dasar gelombang atau bagian terendah dari gelombang.  Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai gambar bagian-bagian dari gelombang tersebut:

  • Puncak gelombang adalah titik-titik tertinggi pada gelombang. Pada gambar maka yang dimasuk dalam puncak gelombang adalah (misalnya titik b dan e).
  • Dasar gelombang, yaitu titik-titik terendah pada gelombang. Pada gambar, dasar gelombang tersebut adalah titik d
  • Bukit gelombang, yaitu lengkungan a-b-c atau e-f-g
  • Lembah gelombang, yaitu lengkungan c-d-e
  • Amplitudo (A), yaitu Simpangan maksimum (misalnya jarah vertikal a ke b).
  • Panjang gelombang (λ ), yaitu jarak antara dua puncak berurutan (misalnya b-f) atau jarak dua dasar berurutan atau secara sederhana panjang gelombang adalah panjang satu gelombang
  •  Periode (T ) yaitu waktu yang diperlukan untukmenempuh  satu gelombang yaitu a-e.

Panjang gelombang disimbolkan λ atau disebut dengan lambda adalah panjang yang ditempuh oleh satu gelombang. Besaran-besaran pada getaran juga kita pakai di sini. Yang menjadi pembeda, jika pada getaran frekuensi adalah banyaknya getaran tiap detik maka di gelombang frekuensi adalah banyaknya gelombang yang terjadi tiap detik. Begitu juga dengan periodenya.

Contoh Gelombang Transversal Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah saya jelaskan di atas, kita bisa menjumpai contoh dari gelombang trensversal ini dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah gelombang pada tali ketika kamu memainkan tali karet naik turun. Contoh gelombang ini selanjutnya adalah ketika kamu berenang di kolam renang, ketika kamu masuk kedalam kolam maka akan menimbulkan gelombang iar bukan? Dan bentuknya sesuai dengan gelomban transversal.

Rumus Gelombang Transversal

Sebenarnya untuk rumus atau persamaan yang digunakan pada gelombang ini sudah kita bahas pada persamaan cepat rambat gelombang. Namun tidak apa-apa, kita akan mengulasnya lagi. Beberapa besaran yang digunakan dalam persamaan cepat rambat gelombang adalah cepat rambat gelombang yang di simbolkan oleh v, frekuensi (f), periode (T), Panjang gelombang (λ). Untuk persamaan lengkapnya, silahkan anda perhatikan dibawah ini:

rumus cepat rambat gelombang Transversal

dimana;

v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = Panjang gelombang (m)
T = Periode (s)
f = Frekuensi (Hz)

Contoh Soal Gelombang Transversal

Untuk memahami persamaan atau rumus diatas, maka akan saya berikan beberapa contoh soal yang bisa anda pelajari. Perhatikan beberapa contoh berikut ini ya:

Soal 1

Sebuah tali digerakkan membentuk gelombang transversal, jika panjang gelombang 2 m dan frekuensi 2 Hz tentukan cepat rambat gelombang tali tersebut?

Diketahui
λ = 2m
f = 2Hz

Ditanya v?

Jawab

v = λ . f = 2. 2 = 4 m/s

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu gelombang transversal, gambar dari gelombang tersebut serta contoh dari gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari. Semoga materi ini bermanfaat, jika kamu ada yang ditanyakan silahkan kirimkan pertanyaan kamu di FORUM ya

No Responses

Leave a Reply