Rumus Gerak Parabola

Materi.id| Dikelas X SMA dan SMK semester 1 kita akan mempelajari materi tentang rumus gerak parabola. Tentunya anda sudah mengetahui bahwa di kelas X materi kinematika gerak dan dinamika gerak akan kalian pelajari. Pada materi kinematika kita akan membahas tentang gerak yang penyebabnya tidak dipelajari. Contohnya gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak melingkar serta gerak parabola. Berdasarkan pengertiannya hal utama yang membedakan gerak tersebut adalah bentuk lintasannya. Gerak parabola adalah gerak yang lintasannya berbentuk parabola tentunya. Lalu bagaimana rumus dari gerak parabola tersebut?

Pengertian Gerak Parabola

Sudah kita jelaskan di atas bahwa gerak parabola adalah perubahan kedudukan atau posisi suatu benda dimana lintasannya berbentuk parabola. Gerak parabola adalah perpaduan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan. Contoh sederhana dari gerak parabola adalah ketika kita menendang bola, melempar bola kasti dan sebagainya yang lintasannya berbentuk parabola (setengah lingkaran ya kalo kalian belum memahaminya 🙂 ).

Analisis Rumus Gerak Parabola

Sebelum mempelajari rumus dari gerak parabola tersebut, yang harus anda perhatikan bahwa karena gerak parabola adalah perpaduan antara Gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) maka persamaan dan rumus yang berlaku pada gerak tersebut juga berlaku di gerak parabola. Kapan GLB dan GLBB digunakan dan berlaku pada gerak parabola? Rumus GLB berlaku jika kita memandang sumbu X yang biasanya kita mencari jarak terjauh dan GLBB berlaku di sumbu Y jika kita mencari tinggi maksimum.

Untuk lebih jelas lagi memahami materi ini, silahkan anda baca terlebih dahulu materi pendahuluan berikut ini
Apa itu Besaran ?
Pengertian Vektor.
Oprasi perkalian Vektor.

Dalam rumus gerak parabola, aturan dalam penjumlahan vektor, perkalian vektor juga masih kita pakai di sini. Karena sebagian besar besaran – besaran yang terdapat pada rumus gerak parabola adalah besaran vektor. Apa itu besaran vektor? Besaran yang memiliki nilai, satuan serta arahnya. Jadi yang perlu kita pahami juga adalah arah dari besaran yang terdapat di gerak parabola.

Rumus Gerak Parabola

Untuk memahami persamaan gerak parabola, perhatikan gambar di atas.

Untuk sumbu X berlaku persamaan Gerak Lurus Beraturan. Pada sumbuh X tidak terdapat percepatan sehingga nilai percepatannya adalah nol dan berlaku rumus berikut ini:

Penguraian kecepatan gerak parabola

Sedangkan komponen vektor dan rumus untuk sumbu Y adalah sebagai berikut. Karena Y terdapat percepatan maka berlaku persamaan GLBB

Komponen sumbu y gerak parabola

Umumnya rumus di atas adalah persamaan yang sering kita gunakan. Lalu bagaimana penurunan rumus untuk mencari tinggi maksimum dan jarak terjauh? Tinggi maksimum dan jarak maksimum sering sekali keluar di soal kenaikan kelas atau soal semester, bahkan soal masuk di perguruan tinggi.

Penurunan Rumus Gerak Parabola

Penurunan Rumus Tinggi Maksimum ( Hmax)

Jika kita akan mencari persamaan tinggi maksimum, maka yang perlu kita perhatikan adalah besaran-besaran yang terdapat di sumbu y. Untuk memudahkan dalam mencari waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada tinggi maksimum adalah kecepatan di sumbu y adalah no (Vy = 0) maka

Mencari waktu Tinggi Maksimum Gerak Parabola

Jika sudah di dapatkan waktu yang diperlukan untuk mencapai tinggi maksimum, kita substitusikan nilai persamaan t tersebut kedalam persamaan posisi y atau tinggi maksimum:

Rumus Tinggi Maksimum Gerak Parabola

Bagaimana, mudah bukan mencari rumus tinggi maksimum dalam gerak parabola? Lalu bagaimana dengan mencari jarak terjauhnya? Berikut ini penurunannya:

Penurunan Rumus Jarak Terjauh Gerak Parabola

Jika di sumbu y adalah GLBB maka di sumbu x berlaku persamaan GLB.Syarat untuk mencapat jarak maksimum adalah Yt adalah nol. Maka berikut ini adalah penurunan rumusnya pertama kita harus mencari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jarak maksimum:

Waktu jarak terjauh gerak parabola

Setelah mendapatkan nilai t maksimum maka kita substitusikan kedalam persamaan X dalam rumus GLB.

rumus jarak terjauh gerak parabola

Bagaimana mudah kan? Jika kita mencari jarak terjauh maka kita harus memanda y untuk mencari waktunya, setelah itu substitusikan waktu tersebut ke persamaan posisi pada sumbu x.

Demikian pembahasan lengkap kita mengenai persamaan rumus gerak parabola, pengertian gerak parabola serta penurunan rumus gerak parabola untuk mencari tinggi maksimum dan jarak terjauh. Jangan lupa, bagikan kepada yang lainnya ya.

Leave a Reply