Rumus Molaritas, Molalitas dan Fraksi Mol

Materi.ID| Rumus Molaritas, Molalitas dan Fraksi mol| Halo sahabat MateriID kali ini kita akan membahas materi kimia kelas 12 (XII) yaitu tentang rumus molaritas, molalitas dan fraksi mol. Sebelum membahas materi ini, pasti kita semua pernah membuat sirupkan? Apa lagi jika hari raya tiba. Ketika kita elarutkan sirup dengan air , maka semakin banyak sirup yang kita larutkan maka rasa dari larutan tersebut akan semakin manis bukan? Sirup disebut dengan zat terlarut atau yang dikenal dengan solute dan air adalah zat pelarut atau yang dikenal dengan  solvent.

Untuk mengetahui banyaknya zat yang terlarut dalam solven maka kita harus mencari konsentrasi zat terlarut tersebut.  Beberapa materi yang dipelajari dalam konsentrasi zat adalah rumus molaritas, rumus molalitas dan fraksi mol.

Pengertian dan Rumus Molaritas

Pengertian Molaritas

Apa yang dimaksud dengan molaritas? Mungkin pertanyaan ini ada dibenak para sahabat semua ya? Sudah saya sampaikan di atas bahwa Molaritas merupakan salah satu besaran konsentrasi. Dimana konsentrasi adalah besaran yang menunjukkan hubungan kuantitatif antar zat dalam larutan. Di dalam larutan berarti ada zat terlarut dan zat pelarut.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis konsentrasi contohnya molaritas, molalitas, fraksi mol, persen, bagian per juta dan sebagainya. Nah kali ini kita akan membahas molaritas, molalitas dan fraksi mol saja.

Pengertian Molaritas yang disimbolkan dengan huruf M adalah perbandingan antara jumlah mol zat terlarut (solute) setiap satuan volume (dalam satuan liter L) larutan.

Rumus Molaritas

Perbandingan antara jumlah mol zat terlarut setiap satuan volume dalam matematik di rumuskan sebagai rumus molaritas. Berikut ini rumus molaritas:

Rumus Molaritas

Pada umumnya Zat kimia yang tersedia di laboratorium pada berupa zat murni atau larutan pekat. Kalian pasti tahu, reaksi kimia umumnya berlangsung dalam bentuk larutan. Oleh karena itu, penyediaan larutan dengan molaritas tertentu sangat berperan percobaan kimia di laboratorium.

Dalam mencari molaritas tentunya anda sudah mengetahui bagaimana cara mencari atau menghitung jumlah molekul suatu zat yang terlarut. Jika belum mengetahuinya, berikut ini saya ulas bagaimana caranya mencari mol suatu zat. Jumlah mol adalah perbandingan antara massa zat (gram) dengan massa molekul relatif (Mr). Dirumuskan sebagai berikut:

Rumus Mol suatu zat

Contoh Soal Molaritas

Sebanyak 18 gram glukosa (C6H12O6) dilarutkan ke dalam air murni (H2O) sampai volume larutan menjadi 500 mL. Tentukan molaritas larutan yang terjadi. (Kuncinya : anda harus mencari mol glukosa terlebih dahulu)

Contoh Soal Molaritas

Rumus Molalitas Larutan

Jika kita sudah mengetahui molaritas, maka kita akan membahas lebih lanjut mengenai molalitas. Molalitas menyatakan jumlah mol zat terlarut di dalam setiap 1 kg (1.000 gram) pelarut. Jadi satuan dari molalitas adalah mol/gram. Rumus molalitas adalah sebagai berikut jika mol zat yang di larutkan disimbolkan n dan p adalah massa zat pelarut maka dirumuskan sebagai berikut:

Rumus Molalitas

dimana;
m = molalitas (mol/gram)
n = jumlah mol zat terlarut (mol)
p = Massa zat pelarut (gram)

Jika jumlah mol zat terlarut belum diketahui maka kita harus mencarinya terlebih dahulu. Bila g gram zat terlarut dilarutkan dalam p gram zat pelarut dengan massa rumus relatif (Mr), maka molalitas dapat juga dirumuskan  menjadi:

Rumus molalitas 2

Contoh Soal Molalitas

Sebanyak 1,8 gram glukosa, C6H12O6 dilarutkan ke dalam 100 gram air (Ar C =12, H = 1, O = 16). Tentukan molalitas larutan glukosa tersebut!

COntoh soal Molalitas

Tentukan banyaknya (gram) NaOH yang harus dilarutkan dalam 1 liter air ( ρ air = 1,00 g/mL) agar diperoleh NaOH 0,25 m.

Rumus molalitas mencari massa zat

Pengertian dan Rumus Fraksi Mol

Didalam kimia, fraksi mol menyatakan perbandingan antara mol suatu zat yang disebut zat terlarut dengan mol seluruh zat dalam larutan. Jumlah fraksi mol seluruh zat dalam larutan besarnya adalah 1. Dalam campuran zat A dengan zat B lalu bagaimana mencari fraksi mol masing-masing zat? Jangan kuatir berikut ini rumus dari fraksi mol masing- masing zat.

Rumus fraksi mol zat

                                                                   Rumus fraksi mol zat

Contoh soal Fraksi Mol

Sebanyak 27,6 gram etanol C2H5OH dilarutkan dalam 54 gram air (Ar C = 12, H = 1, O = 16). Hitunglah:
a. fraksi mol etanol,
b. fraksi mol air!

Contoh soal fraksi mol

Demikianlah pengertian dan rumus molaritas, molalitas dan fraksi mol yang kesemuanya bagian dari konsentrasi larutan. Semoga bagian ini memberikan manfaat ya, jika anda ingin bertanya silahkan anda tanyakan ke Forum ya.

No Responses

Leave a Reply