Sifat Bayangan Cermin Cekung, Cembung dan Datar

Materi.id|Hai kali ini kita akan membahas sifat bayangan cermin cekung, cembung dan datar. Materi tentang sifat bayangan ini baik cermin cekung, cembung dan datar sebenarnya sudah kalian dapatkan sewaktu kalian duduk di bangku SMP. Dan di SMA kalian akan mempelajarinya di kelas X (10) khususnya materi alat-alat optik. Sebelum membahas sifat bayangan, maka sebelumnya yang harus anda pahami adalah bayangan terbentuk dikarenakan adanya cahaya. Nah untuk itu kalian harus pelajari lagi sifat-sifat dari cahaya itu sendiri.

Baca” Alat-alat Optik

Sifat-sifat Cahaya

Pernah kalian alami ketika kamu dirumah dan listrik di rumah mu padam yang mengakiibatkan lampu yang kalian miliki padam? Bisakah kalian melihat benda-benda di sekitarmu? kita akan mengalami kesulitan jika di sekitar kita tidak memiliki pencahayaan yang bagus. Cahaya merupakan materi yang sulit dimengerti karena tidak bisa kita pengang dan rasakan namun kita bisa mempelajarinya melalui sifat-sifat dari cahaya tersebut sebelum kita membahas materi sifat bayangan cermin cekung, cembung dan datar. Berikut ini saya jelaskan secara singkat beberapa sifat-sifat cahaya yang membantu anda mempelajari bagaimana cara menentukan sifat bayangan cermin cekung, cembung dan datar bahkan sifat bayangan dari sebuah lenssa.

Cahaya Merambat Lurus

Cahaya merambat lurus adalah sifat yang akan kita pelajari pertama. Secara sederhana bisa kita melihat sifat ini dengan melakukan eksperimen sederhana, jika kalian memiliki senter cobalah nyalakan senter anda di malam hari maka secara nyata anda akan melihat bagaimana cahaya itu merambat secara lurus. Atau bisa kamu lakukan dengan eksperimen secara sederhana berikut ini:

Eksperimen sifat Cahaya

Dari gambar bisa kita lakukan, meletakkkan sebuah lilin di depan kedua kertas yang diberi lubang dan ditempatkan sejajar. Jika lilin tersebut di tempatkan di ruangan yang gelap, maka kita akan melihat cahaya dari lilin tersebut pada lubang kertas yang kedua. Hal ini membuktikan bahwa cahaya memiliki sifat merambat lurus.

Cahaya Dapat Dipantulkan

Sifat cahaya kedua yaitu cahaya dapat dipantulkan, coba kalian nyalakan senter kalian dan arahkan kedepan cermin maka kalian akan mendapatkan pantulan dari cahaya senter tersebut. Pada sifat yang kedua ini terdapat sebuah hukum yang disebut dengan hukum pemantulan. Hukum pemantulan cahaya berbunyi sebagai berikut:

Hukum Pemantulan Cahaya

Hukum pemantulan menyatakan bahwa sudut datang sama dengan sudut pantul. Perhatikan gambar berikut ini:

Hukum Pemantulan Cahaya

Dari sini didapatkan dua jenis pemantulan yaitu pemantulan teratur yaitu pemantulan yang terjadi pada bidang permukaan yang datar, dan pemantulan baur yang terjadi pada bidang permukaan yang tidak rata atau tidak halus.

Cahaya Dapat Dibiaskan

Cahaya dapat dibiaskan atau sering kita kenal dengan pembelokkan. Pernahkah kalian melakukan eksperimen sederhana dengan memasukkan sebuah pensil ke dalam gelas yang berisi air? Kita akan melihat bahwa pensil tersebut seakan-akan patah atau bengkok. Hal ini dikarenakan sifat cahaya ini. Cahaya dibiaskan disebabkan karena cahaya melewati dua medium yang berbeda kerapatannya.

Cahaya dapat di Uraikan

Pernahkah kalian melihat pelangi, pelangi adalah salah satu contoh dari penguraian cahaya. Cahaya yang monokromatik di uraikan kedalam beberapa jenis warna.

Setelah kalian memahami beberapa sifat tersebut, maka kalian sudah bisa mempelajari tentang pembentukan cermin dan lensa.

Cermin Datar

Jenis cermin ini adalah cermin yang sering kalian gunakan di rumah. Cermin yang anda gunakan untuk merapikan rambut anda menggunakan jenis cermin ini. Perhatikan gambar berikut ini:

Sifat bayangan pada cermin datar adalah Bayangan yang terbentuk adalah tegak, memiliki ukuran yang sama dengan bendanya dan bersifat maya.

Sifat Bayangan Cermin Cekung dan Cembung

Cermin Cekung

Selain cermin datar, ada dua jenis cermin lagi yaitu cermin cekung dan cembung. Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya melengkung kedalam sedangkan cermin cembung adalah cermin yang permukaannya melengkung keluar. Garis normal pada cermin cekung adalah garis yang melalui pusat kelengkungan, yaitu di titik M atau 2F. Sinar yang melalui titik ini akan dipantulkan ke titik itu juga.

Sifat dari cermin cekung adalah konvergen yaitu mengumpulkan sinar. Ketika sinar-sinar sejajar dikenakan pada
cermin cekung, sinar pantulnya akan berpotongan pada satu titik. Titik perpotongan tersebut dinamakan titik api atau titik fokus (F). Untuk memahami sifat bayangan cermin cekung, maka kita harus mengetahui bagaimana pembentukan bayangan pada cermin itu sendiri. Pembentukkan bayangan pada cermin cekung bisa terjadi karena adanya perpotongan antar sinar. Berikut ini sinar-sinar istimewa yang dapat digunakan dalam pembentukkan bayangan.

Sinar-sinar Istimewa Cermin Cekung

Terdapat tiga sinar istimewa yang terdapat pada cermin cekung yaitu

  • Sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus. Perhatikan gambar di bawah ini:

  • Sinar datang melalui titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama.

Sinar datang melalui titik pusat kelengkungan cermin akan dipantulkan ke titik itu juga.

Sinar istimewa cermin cekung 3

Sifat Bayangan Cermin Cekung

Jika kamu meletakkan sebuah benda pada jarak antara F dan M maka Bayangan benda yang diletakkan antara F dan M memiliki sifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Ketika kamu meletakkan sebuah benda dengan jarak lebih besar daripada titik fokus cermin cekung, bayangan benda yang terjadi selalu nyata karena merupakan perpotongan langsung sinar-sinar pantulnya (di depan cermin cekung). Akan tetapi, ketika benda kamu letakkan pada jarak di antara titik fokus dan cermin, kamu tidak akan mendapatkan bayangan di depan cermin. Bayangan benda akan kelihatan di belakang cermin cekung, diperbesar, dan tegak.

Persamaan pada Cermin Cekung

Hubungan antara jarak benda (s) dan jarak bayangan (s’) akan menghasilkan jarak fokus f. hubungan tersebut secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:

Persamaan pada cermin cekung

Sifat Bayangan Cermin Cembung

Selain cermin datar dan cermin cekung, terdapat pula cermin cembung. Pada cermin cembung, bagian mukanya
berbentuk seperti kulit bola, tetapi bagian muka cermin cembung melengkung ke luar. Titik fokus cermin cembung
berada di belakang cermin sehingga bersifat maya dan bernilai negatif.

Jika sinar datang sejajar dengan sumbu utama mengenai cermin cembung, sinar pantul akan menyebar. Cermin
cembung memiliki sifat menyebarkan sinar (divergen). Jika sinar-sinar pantul pada cermin cembung kamu perpanjang pangkalnya, sinar akan berpotongan di titik fokus (titik api) di belakang cermin. Pada perhitungan, titik api cermin cembung bernilai negatif karena bersifat semu.

Sinar-sinar Istimewa Cermin Cembung

  • Sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah dari titik fokus.

Sinar istimewa cermin cembung 1

Sinar datang menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama.

Sinar istimewa cermin cembung 2

Sinar datang menuju titik M (2F) akan dipantulkan seolah-olah dari titik itu juga.

Sinar istimewa cermin cembung 3

Pembentukan Bayangan cermin cembung

Benda yang diletakkan di depan cermin cembung akan selalu menghasilkan bayangan di belakang cermin dengan
sifat maya, sama tegak, dan diperkecil. Hubungan antara jarak benda (s) dan jarak bayangan (s’ ), dan titik fokus (f) memiliki persamaan yang sama dengan cermin cekung. Perbedaannya, pada cermin cembung nilai jarak fokus selalu negatif seperti pada persamaan berikut ini:

Persamaan pada cermin cembung

Contoh Soal dan Pembahasan Cermin Cekung dan Cembung

Contoh Soal Cermin Cekung

Sebuah cermin cekung memiliki jarak fokus 6 cm dan sebuah benda diletakkan 10 cm di depan cermin cekung. Tentukan jarak bayangan yang dibentuknya dan nyatakan sifat-sifatnya.

Contoh soal Pembentukan Bayangan Cermin Cekung

Contoh Soal Cermin Cembung

Sebuah cermin cembung memiliki jari-jari kelengkungan 30 cm. Jika benda diletakkan pada jarak 10 cm di depan cermin, berapakah jarak bayangan benda? Sebutkan sifat-sifatnya.

Contoh soal Pembentukan Bayangan Cermin Cekung

Contoh Soal Pembentukan Bayangan Cermin Cekung

Sebuah benda terletak 100 cm di depan cermin cekung yang memiliki jari-jari kelengkungan 120 cm. Tentukanlah letak bayangan benda itu.

Contoh Soal dan Pembahasan cermin Cekung

 Demikianlah pembahasan singkat tentang sifat bayangan cermin cekung, sifat bayangan cermin cembung dan datar.

Leave a Reply